Selasa, 16 April 2013

Lelang Barang Sitaan Kejari Kota Pekalongan Sepi Peminat

Mahal, Lelang Tabung Gas Sepi Peminat 

PEKALONGAN – Pelaksanaan lelang ratusan tabung gas berbagai ukuran barang sitaan kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Pekalongan tidak ada peminatnya, baru – baru ini. Pasalnya, harga taksiran yang diajukan kejaksaan kepada para pserta lelang dinilai terlalu tinggi. 

Barang lelang terdiri dari 156 tabung gas isi ukuran 3 kilogram, 101 tabung gas kosong ukuran 3 kilogram, 30 tabung gas isi ukuran 12 kilogram, 29 tabung gas kosong ukuran 12 kilogram, serta 3 tabung gas isi ukuran 50 kilogram. Semuanya ditawarkan Rp 38,6 juta oleh kejari Kota Pekalongan.

Menurut Budi Haryanto (42), warga kelurahan Setono, Kecamatan warga Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, harga taksiran yang diajukan oleh kejaksaan sangat tinggi jika dibandingkan dengan harga umum di pasaran, dengan barang sejenis.

 ilustrasi

 “Kurangnya sosialisasi dan tingginya harga, membuat warga tidak minat untuk membeli,” katanya. Dia semula mengira harga penawarannya miring dari harga di pasaran, ternyata jauh lebih mahal dari harga pada umumnya. Budi Haryanto, yang juga pemilik agen SPBE itu menambahkan, mestinya barang sitaan negara dijual dengan harga lebih murah, bukan lebih mahal.

Jika kejaksaaan masih bertahan dengan harga Rp 38,6 juta, saya yakin tidak ada orang yang minat membeli barang sitaan tersebut,” ujarnya. Hal yang sama dikemukakan Mustafa (31), warga kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, yang semula tertarik dengan adanya informasi pelelangan tabung gas dalam jumlah besar milik kejari Kota Pekalongan. 

Namun setelah melihat kondisi tabung gas tersebut, dan harganya yang terlalu tinggi, maka pihaknya tidak berani. Menurutnya, harga di pasaran dengan jumlah yang sama, diperkirakan senilai Rp 25-25 juta. “Jika Rp 20-an juta, mungkin saya masih pertimbangkan,” ujar Mustafa.

Kajian Lapangan
Terpisah, Kajari Kota Pekalongan I Gede Gunawan Wibisana melalui Kaur Keuangan Irma Nurliani menjelaskan, barang sitaan Kejari Kota Pekalongan, yang terdiri dari ratusan tabung gas tersebut, sebelumnya Kejari membuka harga taksiran untuk dilakukan pelelangan, dan oleh pihak panitia telah dilakukan kejian di lapangan. 

Dijelaskan, untuk pelelangan awal, Kejari Kota Pekalongan membuka harga penawaran sebesar Rp 38,6 juta. “Lelang barang sitaan berupa tabung gas, sudah seminggu lalu dibuka, tapi belum ada yang minat,” terang Irma Nurliani.

Dia menegaskan, jika sampai batas akhir pengumuman lelang barang sitaan tersebut tidak ada yang menawar, maka pihaknya akan berunding kembali dengan pihak panitia, untuk menurunkan harga penawaran. “Jika sampai akhir bulan tidak ada yang minat untuk membeli, rencananya harga diturunkan. Prinsipnya, supaya barang cepat terjual,” pungkas Nurliani. (smnetworkk30-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 15-04-2013)

 

Tidak ada komentar: