Selasa, 16 April 2013

RSS Asri Masuk 6 Besar Lomba Perpustakaan

RSS ASRI DESA SEMUT MASUK NOMINASI 6 BESAR LOMBA PERPUSTAKAAN TK. PROVINSI JATENG 

KAJEN - Senin (15/4) lalu, Desa Semut, Kecamatan Wonokerto kedatangan tamu, yaitu tim penilai lomba perpustakaan desa/kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kedatangan tim juri yang terdiri Badan Arsip dan Perpustakaan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes), dan TP PKK Prov.
Jateng  serta Rotary Club Semarang Kunthi, disambut antusias oleh warga Desa Semut dengan iringan kesenian tradisional rebana oleh anak-anak dari RAM NU desa setempat.

Tim tersebut dijadwalkan melakukan penilaian terhadap keberadaan perpustakaan desa yang bernama “RSS. ASRI”, dimana “RSS” merupakan singkatan dari Rusdi dan Suhari Sukadi yang diambil dari nama warga yang menghibahkan tanah dan bangunannya untuk dijadikan perpustakaan desa.

 Kepala Desa Semut, Sunoto pada sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih dan selamat datang kepada rombongan tim penilai yang juga didampingi oleh Ketua TP PKK Kab. Pekalongan Ibu Arini Antono, serta para Kepala SKPD terkait.

Sunoto berharap kunjungan tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat Desa Semut, “Mudah-mudahan dengan adanya rumah pintar ini dapat dijadikan sebagai pencegahan dari kebodohan,Kami juga ucapkan terimaksih kepada Bapak Rusdi dan Suhadi Sukadi atas pemberiannya yang bukan hanya berbentuk benda namun juga ilmu,” terangnya.


       
Pada kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Sekda, Yoyon Ustar Hidayat menyatakan pihaknya tidak akan berpuas diri atas raihan prestasi menjadi 6 besar dalam penilaian awal lomba perpustakaan desa.

 Hal tersebut menurut Antono justru harus menjadi cambuk untuk senantiasa bersemangat dan berjuang dengan langkah-langkah konkrit dalam mengembangkan gemar baca dan budaya belajar pada masyarakat.

Bupati juga berjanji akan terus mambantu, mendukung keberadaan dan pengembangan “RSS ASRI” sebagai salah satu perpustakaan yang tumbuh atas prakarsa dan inisiatif dari masyarakat Desa Semut.

Terimaksih dan penghargaan juga disampaikan Bupati kepada Kades dan pengurus perpustakaan serta seluruh warga Desa Semut atas kerelaan, keikhlasan, dan partisipasinya dalam mendukung dan memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya.

 “Mudah-mudahan eksistensi RSS ASRI senantiasa langgeng dan membawa manfaat bagi masyarakat guna mengembangkan gemar membaca dan mewujudkan budaya belajar sepanjang hayat atau Long Life Education,” tegas Antono. Tak lupa Antono berharap penilaian yang dilakukan oleh tim juri provinsi dapat berjalan cermat, proporsional dan obyektif.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, SP. Andriyani S, SH dalam sambutannya mengungkapkan bahwa salah satu sarana mencerdaskan kehidupan bangsa yang sedang dikembangkan oleh pemerintah dan besar manfaatnya adalah melalui perpustakaan, untuk itu dikembangkanlah suatu sistem layanan perpustakaan yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat desa melalui perpustakaan desa/kelurahan.

Lebih lanjut Andriyani menjelaskan, diharapkan melalui perpustakaan desa/kelurahan masyarakat desa akan lebih mendekatkan pada layanan informasi guna mengembangkan serta meningkatkan kemampuan melalui sumber belajar dan informasi yang tersedia.

 Sedangkan melalui lomba ini diharapkan akan terwujud perpustakaan desa/kelurahan yang memenuhi standar perpustakaan yang bermutu dan berkualitas, meningkatkan kinerja, serta memberikan pembinaan dan motivasi kepada pengelola perpustakaan.

 “Perpustakaan desa/kelurahan yang dikunjungi oleh Tim Juri berarti sudah masuk nominasi 6 besar, dan secara otomatis dapat juara, tapi juara ke berapa kita belum tahu, karena itu tergantung hasil penilaian lapangan oleh Tim Juri,” terang Adriyani menutup sambutannya.

Usai melakukan peninjauan dan penilaian secara langsung  di perpustakaan “RSS ASRI”, Tim Juri yang diwakili oleh Suyadi, SH (Bapermasdes Prov. Jateng) memberikan kesan dan pesannya terhadap perpustakaan Desa Semut ini. Diantaranya adalah gedungnya yang dinilai cukup bagus dan bersih, serta telah dimanfaatkan tidak hanya sebagai perpustakaan namun juga dijadikan Pos PAUD serta gedung serbaguna.

 Namun demikian Tim Juri berharap koleksi buku yang ada agar terus ditambah terutama yang berisi tentang teknologi terapan yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Desa Semut yang sebagian adalah Nelayan. Suyadi juga berharap jika dimungkinkan perpustakaan agar ditambah dengan fasilitas internet, dan administrasinya diperbaiki lagi agar lebih bagus.

“Hal yang sudah baik ini harus dipertahankan dan dilanjutkan, karena jika nanti jadi juara 1, RSS ASRI ini tentunya akan menjadi wakil Jawa Tengah untuk maju ke tingkat nasional,” terang Suyadi.

                Berdasarkan informasi dari Bapak Suhari Sukadi (Pendiri Perpustakaan), saat ini koleksi perpustakaan ini lebih kurang telah berjumlah 4400 buku, dan memiliki Kamus Bahasa Pekalongan dan ensiklopedia.(dian’s/aan)

Sumber: Bag.Humas Setda
Editor: AR Kominfo
sumber

 

Tidak ada komentar: