Senin, 15 April 2013

Kapal jenis cakalan milik nelayan Pekalongan, dikabarkan tenggelam

Kapal Nelayan Pekalongan Dikabarkan Tenggelam

KAJEN, suaramerdeka.com -  Kapal jenis cakalan milik nelayan Pekalongan, dikabarkan tenggelam di perairan Samudra Hindia. Informasi tersebut beredar luas di kalangan nelayan di kawasan pesisir Kota Santri, terutama di Desa Wonokerto Kulon dan Desa Wonokerto Wetan, Kecamatan Wonokerto.
 
ilustrasi
Informasi yang diperoleh menyebutkan, dari tiga puluh awak kapal yang dikabarkan tenggelam baru diketahui kabarnya hanya sembilan orang, delapan orang dinyatakan selamat dan seorang tewas.

Dari ke delapan orang tersebut di antaranya adalah warga Pekalongan, di antaranya Rosidin (40) warga Desa Wonokerto Wetan, Jumidin (35) warga Desa Wonokerto Wetan dan Ari (20) warga Pekalongan. Adapun lainnya hingga kini belum diketahui nasibnya.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pekalongan H Wiranto, Minggu (14/4) mengutarakan, informasi tenggelamnya kapal cakalan yang berawak orang Pekalongan memang santer beredar di kalangan nelayan di Kecamatan Wonokerto.

Namun, lanjut dia, kebenaran informasi tersebut belum bisa diketahui pasti lantaran dari beberapa lembaga yang berwenang belum menyampaikan informasi tersebut. "Saya memang mengetahui informasi itu dari warga, karena ada salah satu keluarga yang dikabarkan selamat itu datang ke pemilik kapal serta mendapatkan informasi tersebut," terangnya.

Disebutkan, sembilan nelayan yang diketahui nasibnya itu beberapa di antaranya beralamatkan Desa Wonokerto Kulon dan Wetan. Karenanya, ia bersama jajaran pengurus HNSI Kabupaten Pekalongan langsung mengadakan rapat untuk membahas kebenaran informasi itu. "Kami rencananya akan menjemput mereka (nelayan) di perairan Samudera Hindia," kata dia.

Dikatakan, dari sembilan nelayan itu di antaranya ada yang berlamatkan Kabupaten Batang dan Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. "Saat ini kami masih terus mencari kebenaran informasi tersebut," ucap Wiranto.

( Agus Setiawan / CN34 / JBSM

Tidak ada komentar: