Selasa, 08 Januari 2013

Pantura Kota Pekalongan Makin Padat,Khususnya Dari Arah Timur ke Barat

Jalur Pantura di Pekalongan Sering Macet 

PEKALONGAN – Jalur Pantura di Kota Pekalongan terutama di Jalan Sutomo, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan KH Mas Mansyur makin padat lalu lintasnya. Bahkan kendaraan harus merayap karena padatnya arus lalin. Masyarakat pengguna jalan mulai mengeluhkan kondisi ini. Meski demikian, Pemerintah masih kesulitan mengatasinya karena tidak ada jalur alternarif dari arah timur ke barat yang melewati Jl Jenderal Sudirman. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka jalur Pantura Kota Pekalongan, khususnya dari arah timur ke barat bakal macet parah.

Beberapa sopir yang ditemui menegaskan, kemacetan di Kota Pekalongan sudah menjadi keluhan para sopir. Sebab, meski hanya berjalan sekitar 2 Km di Jalan Dr Sutomo, dan Jl Jenderal Sudirman harus ditempuh dalam waktu lama. Ini terjadi juga karena ada jalan menciut dan banyak lampu bangjo. Dengan demikian, kendaraan memanjang. Karena itu, mereka berharap ada penanganan sebelum kemacetan makin parah.

Menurut Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota AKP Setya Budi Waspada didampingi KBO Satlantas Ardhie Demasetyo, kepadatan arus lalin itu terjadi hari Rabu dan Kamis, kepadatan arus lalu lintas kian meningkat karena pada saat itu banyak truk berjalan dari arah barat maupun timur melewati jalur di Kota Pekalongan dengan jarak lebih kurang 9 km. 

Faktor Penyebab
Beberapa faktor menjadi penyebab jalan di wilayah itu mengalami kepadatan kendaraan. Letak Kota Pekalongan berada di jalur pantura, yang notabene merupakan penghubung antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Semua kendaraan yang akan menuju ke arah barat maupun sebaliknya, harus melewati jalan di Kota Pekalongan. Faktor berikutnya yakni setiap bulan, jumlah kendaraan masyarakat selalu bertambah. Dengan pertambahan kendaraan itu, tidak heran jika rus lalu lintas semakin padat. (H63, H4, A15-49)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 07-01-2013)

 

Tidak ada komentar: