Selasa, 08 Januari 2013

Pembangunan Proyek Jembatan Pesindon – Sampangan Sebesar Rp 600 Juta

Jembatan Pesindon – Sampangan Ditarget Selesai Juli

PEKALONGAN – Pembangunan jembatan penghubungan antara Kampung Pesindon, Kelurahan Kergon dengan Kelurahan Sampangan, Kecamatan Pekalongan Barat, ditargetkan selesai pada Juli nanti. Selama ini, kedua daerah itu dipisahkan oleh sungai. Dengan adanya jembatan itu nanti bisa membuka akses ekonomi warga kedua wilayah itu. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Pekalongan, Marsyudi Ismanto, selama ini warga Pesindon dan sekitarnya ketika akan ke Pasar Banjarsari harus muter, melewati Jalan Hayam Wuruk. Kemudian, ketika pulang melewati Jalan Salak.

Rumitnya akses itu disebabkan arus lalu lintas di Jalan Hayam Wuruk diberlakukan satu arah. “Adanya jembatan penghubung itu, harapannya bisa mempermudah warga dalam menjalankan aktivitas ekonominya. Dan, warga ketika ke pasar Banjarsari tidak harus muter lagi, cukup lewat jembatan tersebut,” kata Marsudi Ismanto, ditemui di kantornya (3/1). Dijelaskan, pembangunan jembatan itu di targetkan Juli nanti selesai, dan bisa dilewati. Pekerjaannya baru pada fondasi jembatan.

Dikatakan, anggaran pembangunan proyek jembatan itu sebesar Rp 600 juta dengan rincian Rp 200 juta dari APBD 2012, dan sisanya Rp 400 juta diambilkan APBD 2013. Pihaknya menambahkan, jembatan itu dibangun sepanjang jembatan itu dibangun sepanjang 24 meter, dan lebar sekitar 2,25 meter. Sehingga, jembatan itu, nantinya hanya bisa dilalui becak dan sepeda motor, seperti halnya jembatan Sapuro-Jalan Kartini. Terkait teknis pembangunannya, jembatan dibuat dua fondasi, kemudian terdapat dua bleger atau penampung besi yang terbuat dari baja. Pihaknya berharap, meski saat ini cuacanya berpengaruh terhadap pekerjaan proyek, serta bisa terselesaikan dengan baik. (H63-90)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 04-01-2012)

 

Tidak ada komentar: