Selasa, 14 Mei 2013

Stand Pasar Murah di Lapangan Sokorejo

Ratusan Warga Pekalongan Serbu Pasar Murah

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Ratusan warga Kelurahan Sokorejo, Kecamatan Pekalongan Timur dan sekitarnya menyerbu stand pasar murah bahan kebutuhan pokok di Lapangan Sokorejo, Selasa (14/5).

Pasar murah diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan dalam rangkaian Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-90 tahun 2013 dan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2013. 

Warga tergiur dengan selisih harga sejumlah bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah dengan harga di pasaran. 

"Pada penyelenggaraan pasar murah ini, Pemkot Pekalongan memberikan subsidi sehingga harga bahan kebutuhan pokok yang dijual lebih murah daripada harga di pasaran," terang Kasubag Potensi Perekonomian, Bagian Perekonomian Setda Kota Pekalongan, Ujianto Purwanto.

 ilustrasi

Di pasar murah ini, warga bisa membawa pulang satu paket beras kemasan 5 kilogram hanya dengan Rp 32.000. 

Sementara di pasaran, satu paket beras kemasan 5 kilogram dijual Rp 39.000. Selain beras, disediakan pula gula pasir, minyak goreng dan telur dengan harga lebih murah dari harga di pasaran. 

Gula pasir di pasaran dijual Rp 12.600 per kilogram. Sedangkan di pasar murah bisa ditebus dengan Rp 11.200.

Sementara itu, minyak goreng ditawarkan hanya Rp 9.900 per liter. Di pasaran, harga minyak goreng satu liter Rp 11.300. Dan, telur dijual hanya 13.600 per kilogram, selisih Rp 1.400 dengan harga di pasar yakni Rp 15.000 per kilogram.

Pemkot Pekalongan menyiapkan 700 paket beras kemasan 5 kilogram atau sebanyak 3,5 ton. Gula pasir sebanyak 600 kilogram, minyak goreng 300 liter dan telur sebanyak 250 kilogram. Harapannya, dengan diselenggarakannya pasar murah tersebut dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Setelah upacara pembukaan TMMD Reguler ke-90 tahun 2013 dan TMMD Sengkuyung tahap I tahun 2013 usai, ratusan warga segera menyemut di depan stand pasar murah. Mereka berdesakan dan saling dorong untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Bariroh, warga Kelurahan Sokorejo mengaku senang dengan adanya pasar murah tersebut. "Di sini, harganya lebih murah dibandingkan dengan harga di warung tempat saya biasa membeli beras," terangnya usai membeli beras.

( Isnawati / CN31 / SMNetwork )
sumber

Tidak ada komentar: