Kamis, 20 Juni 2013

Workshop Teknologi Tepat Guna IPAL Komunal

KLH Gelar Workshop Teknologi Tepat Guna IPAL Komunal 

PEKALONGAN – Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Pekalongan kemarin menggelar workshop dan pelatihan teknologi tepat guna pengolahan air limbah domestik secara komunal di Hotel Nirwana Pekalongan. Workshop digelar atas kerjasama dengan Japan Internasional Coorperation Agency (JICA), Asean People Exchange (APEX), Yayasan Bina Karya Lestari (Bintari) Semarang, dan Pusat Pengembangan Teknologi Limbah Cair (Pusteklim) Yogyakarta.

Kepala KLH Kota Pekalongan Aris Sindharcahya mengatakan, masalah pencemaran lingkungan merupakan masalah strategis yang perlu perhatian dari pemangku kepentingan. Salah satunya persoalan limbah domestik. Dikatakan, Pemkot Pekalongan telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir pencemaran. Salah satunya dengan pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal untuk mengelola air limbah rumah tangga. “Tahun ini, IPAL komunal akan dibangun di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara. IPAL komunal tersebut nantinya akan mengelola air limbah dari 48 rumah tangga,” ujarnya.

Air Tanah

Pembangunan IPAL komunal tersebut, lanjut dia, untuk mencegah pencemaran air tanah dari bakteri e-coli akibat pembuangan limbah rumah tangga yang kurang memadai. Sebelumnya, KLH bekerja sama dengan JICA, APEX, Yayasan Bintari dan Pusteklim berhasil membangun IPAL komunal untuk mengelola air limbah rumah tangga di RT 03/RW 06 Kelurahan Landungsari, Kecamatan Pekalongan Timur.

Sementara Direktur Eksekutif APEX Dr Hitoshi Inoue (Nao Tanaka) dalam workshop menjelaskan, IPAL komunal menerapkan teknologi rotating biological contactor (RBC) untuk pengolahan limbah cair guna memperbaiki kondisi sanitasi sehingga dapat mencegah pencemaran air. Usai workshop, peserta diajak melihat langusng kondisi IPAL di Kelurahan Landungsari. (smnetwork/n63-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 20-06-2013)

 

Tidak ada komentar: