Senin, 17 Juni 2013

Jakarta-Pekalongan Jadi 4 Jam melalui Jalur Ganda KA

Jalur Ganda KA Cirebon-Brebes Rampung, Jakarta-Pekalongan Jadi 4 Jam 

Semarang - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih membangun double track atau jalur ganda kereta di sepanjang utara Jawa. Perkembangan terakhir, jalur Cirebon-Brebes sudah rampung dan bisa dilewati pada masa Angkutan Lebaran 2013. Jarak tempuh Jakarta-Pekalongan pun lebih singkat.

"Iya, Jakarta-Pekalongan, lebih cepat dari tadinya 7 jam jadi 4 jam," jelas Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Tundjung Inderawan di atas kereta yang melaju dari Surabaya-Semarang untuk menginspeksi proyek pembangunan jalur ganda bagian Semarang-Surabaya, Senin (17/6/2013). Turut hadir juga dalam perjalanan tersebut, Wamenhub Bambang Susantono.

Jalur ganda yang sudah rampung adalah bagian Cirebon-Brebes sehingga bisa digunakan pada masa Angkutan Lebaran 2013. Pembangunan jalur ganda Cirebon-Brebes itu sepanjang 24 km dengan anggaran Rp 9,8 triliun.

Kini, pembangunan jalur ganda bagian Semarang-Surabaya yang akan diteruskan dengan target kelar pada Desember 2013. Bila sudah beroperasi waktu tempuh Jakarta-Surabaya yang bisa dipangkas sekitar 3-4 jam.

"Waktu tempuh Jakarta-Surabaya itu 11-12 jam, bisa menjadi 8 jam. Juga bisa mengakomodasi lebih banyak barang. Itu juga meningkatkan frekuensi dari sekarang 78 rangkaian kereta per hari menjadi 200 rangkaian," jelas Tundjung.

Tidak ada komentar: