Rabu, 19 Juni 2013

Target PT Ananta selaku pelaksana, 1 Juli 2013 jembatan Kalibanger kembali normal

1 Juli, Jembatan Kali Banger Bisa Dilewati 

PEKALONGAN – Jembatan Kali Banger yang kini masih dalam proses perbaikan, ditargetkan 1 Juli 2013 sudah bisa dilewati kendaraan. Hal itu karena PT Ananta selaku pelaksana mulai melakukan proses pengecoran, sehingga jembatan penghubung Ruas Semarang-Jakarta itu segera kembali normal. Menurut General Manager PT Ananta, Imam Sayyidin, proses pengecoran sudah selesai, tinggal proses pengeringan. Dikatakan, umur bor beton diperkirakan akan matang selama 14 hari. 

“Sekarang sudah dimulai proses pengecoran. Nanti tinggal menunggu umur beton 14 hari. Setelah itu, jembatan sudah bisa dilewati kendaraan. Jadi kita perkirakan, awal Juli sudah selesai dan aman untuk dibuka kembali bagi kendaraan,” kata Imam Sayyidin, ditemui Suara Merdeka di lokasi perbaikan jembatan, Minggu (16/6).

Dikatakan, normal umur beton baru akan matang sekitar satu bulan. Namun, pihaknya mempercepat proses pematangan itu. Caranya dengan menggunakan bahan material khusus. Pelaksana mendatangkan ahli beton dari Bandung. Itu dalam rangka mengupayakan agar cor beton di jembatan tersebut benar-benar berkualitas meski dikerjakan secara cepat.

Aman
Umur beton pada 14 hari lagi sudah mencapai K350. Ini sudah keras dan aman untuk dilewati kendaraan. Kalau sebulan lagi, sudah mencapai K450. Sudah sangat keras dan layak untuk dilewati,” terangnya. Iman menyatakan, proses perbaikan Jembatan Kali Banger dari awal pembongkaran hingga jadi. Lebih cepat sekitar dua minggu dari target yang ditentukan. “Itu sebagaimana harapan Walikota Pekalongan, sebelum bulan puasa harus sudah jadi. Ini kita malah bisa melebihi target,” tukas Imam Sayyidin.

Sembari menunggu umur beton, lanjut dia, pekerja akan terus menjalankan aktivitasnya untuk memperbaiki infrastruktur di sekitar jembatan yang sebelumnya terpaksa di bongkar untuk mempermudah pengalihan arus. Kemudian, melengkapi sejumlah komponen di jembatan tersebut. (H63-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 18-06-2013)

 

Tidak ada komentar: