Sabtu, 22 Juni 2013

Pembagian Kartu Perlindungan Sosial (KPS)di Kab-Kota Pekalongan serta Batang akhir Juni

PT Pos Pekalongan Siapkan Pembagian KPS 

PEKALONGAN – PT Pos Pekalongan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk persiapan pembagian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) kepada rumahtangga miskin dan rentan yang tersebar di Kota Pekalongan Kabupaten Pekalongan, serta Batang.

Kepala PT Pos Pekalongan Sutarman saat sosialisasi proyek pengiriman KPS di Ruang Amarta, Setda setempat, kemarin mengatakan, peluncuran KPS yang merupakan program pemerintah pusat sebagai upaya perbaikan pelaksanaan perlindungan sosial agar penerima manfaat dari program itu tepat sasaran.

Untuk mengantisipasi berbagai kerawanan terkait pembagian KPS, PT Pos Pekalongan selaku pihak yang bertugas mendistribusikan KPS langsung ke pemiliknya sesuai nama dan alamt, akan berkoordinasi dengan berbagai pihak antara lain, kelurahan , kecamatan serta kepolisian,”katanya

untuk tahap awal pembagian KPS dilaksanakan di 14 kota dan kabupaten se-Indonesia pada Sabtu (22/6). sedangkan untuk Jawa Tengah hanya dua kota yang masuk pembagian tahap pertama yakni Semarang dan Solo. “Untuk kota dan kabupaten lain, jadwal pembagian KPS masih dalam pembahasan,”terangnya.

Dia menjelaskan, KPS memuat informasi nama kepala rumahtangga, nama pasangan kepala rumahtangga, nama anggota rumahtangga lain, alamat rumahtangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi kode batang, serta nomor identitas KPS, sehingga lebih aman dan tidak dapat digandakan.

Akhir Juni
Ketua Tim Pendistribusian KPS Heri Purnomo menjelaskan, Kantor Pos Pekalongan diberikan waktu hingga akhir Juni 2013, seluruh KPS termasuk sebanyak 8.261 rumahtangga sasaran (RTS) di Kota Pekalongan dan Batang sesuai basis data keluarga miskin di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

KPS akan diantar dan diberikan langsung oleh petugas Tim Pendistribusian KPS dari PT Pos Indonesia, kepada yang bersangkutan atau sesuai nama dalam KPS itu,”tandasnya.

Selain sebagai penanda rumahtangga miskin dan rentan, KPS juga digunakan untuk mendapatkan manfaat program perlindungan sosial seperti program subsidi beras bagi masyarakat miskin (raskin), bantuan langsung tunai (BLT) program keluarga harapan (PKH), serta bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Sementara Lurah Kramatsari, Kecamatan Pekalongan Barat Eko Kasianto menyatakan setuju dengan pembagian KPS langsung oleh petugas dari PT Pos Indonesia kepada penerima KPS. Pembagian langsung oleh petugas dapat mencegah adanya protes warga terhadap aparat kelurahan, jika ada keluarga mampu secara materi mendapat KPS, sedangkan warga miskin justru tidak dapat. (mni/06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 20-06-2013)

 

Tidak ada komentar: