Sabtu, 22 Juni 2013

Usulan Rest Area, area istirahat khusus truk

Mencuat, Usulan Pembuatan Rest Area Khusus Truk

SOLO, suaramerdeka.com - Usulan pembuatan rest area khusus truk dan kendaraan angkutan berat, muncul dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perhubungan.

Wacana itu mencuat, setelah banyak masyarakat yang mengeluhkan banyaknya truk yang parkir di tepi jalan, terutama di kawasan ring road Mojosongo, karena tak adanya lokasi peristirahatan khusus bagi sopir dan kru truk.

Ketua Pansus Raperda Perhubungan Abdullah AA mengungkapkan, area istirahat khusus truk mendesak untuk direalisasi, agar tak muncul lagi keluhan dari warga soal truk yang parkir sembarangan.

"Ya, keluhan masyarakat itu akan ditindaklajuti. Apapun, itu kan aspirasi. Dan tugas pemerintah, termasuk legislatif, adalah mengakomodir apa yang menjadi aspirasi masyarakat," katanya.

Menurut Abdullah, dengan adanya rest area, sopir truk tidak akan memarkir kendaraannya sembarangan saat butuh istirahat. Mereka bisa melepas penat di tempat khusus yang disediakan.

"Di rest area nanti bisa disediakan berbagai fasilitas. Selain lahan untuk parkir truk, juga ada musala, MCK, restoran dan penginapan," tuturnya.

Untuk menikmati fasilitas itu, kru truk akan dipungut retribusi yang besarannya ditentukan kemudian. "Ya ini demi keselamatan pengguna jalan secara umum juga, termasuk sopir dan kru truk. Mereka bisa istirahat di tempat yang nyaman," tandasnya.

Mengenai lokasinya, Abdullah menyebut, yang paling tepat di kawasan ring road Mojosongo. "Soal titiknya yang mana, ya nanti bisa dibicarakan lebih detil. Ini kan perlu dibahas lebih intensif dengan eksekutif juga. Yang jelas, kami mendukung jika usulan rest area khusus truk ini direalisasi," imbuhnya.

Politisi Partai Hanura ini menambahkan, usulan tersebut akan dibahas lebih detail di Komisi III bersama instansi terkait yang menjadi partner kerjanya. "Nanti bisa dibicarakan teknisnya. Termasuk luas lahan yang dibutuhkan, besar anggaran, dan sebagainya," katanya.

( Irfan Salafudin / CN39 / SMNetwork

Tidak ada komentar: