Kamis, 27 Juni 2013

Fashion show di kota budaya, Jogja Fashion Week 2013

Pembatik Pekalongan Ikuti Jogja Fashion Week 

KOTA – Lama tak terdengar namanya, ternyata HM Romi Oktabirawa terus berkarya. Pemilik Batik 'Wirokuto'ini ternyata ikut andil dalam sejumlah event nasional hingga internasional untuk mengenalkan hasil karyanya. 

Haji Romi, begitu ia biasa disapa, pada penghujung Bulan Maret lalu, berkesempatan memamerkan rancangannya dalam 'Fukuoka Asia Collection' di Jepang. Kemudian, dalam waktu dekat tepatnya pada 6 dan 7 Juli mendatang, Romi Okta akan ikut ambil bagian dalam perhelatan Jogja Fashion Week 2013 di Jogjakarta.

Kepada Radar Pekalongan, Romi menuturkan pada event tersebut dirinya akan menampilkan rancangan koleksi karya batik terbarunya. Yakni, karya batik di atas kain dari serat yang dinamakan 'Tencel' dari Lenzing, Austria.

Eksperimen membatk di atas kain Tancel ini luar biasa. Saya seperti belajar lagi berbagai macam serat. Tencel itu mampu mendinginkan ketika dipakai di cuaca panas tapi menghangatkan saat dikenakan di ruang dingin,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Ashepi) Kota Pekalongan ini, Selasa (25/6).

romi mrngungkapkan, keputusanya untuk bereksperimen di atas kain tancel bermula daeri adanya tawaran yang datang dari Toyoshima Indonesia, beberapa waktu lalu. Saat itu, peraih Seal of Excelence Awards for Handicraft dari UNESCO pada tahun 2006/2007 itu merasa tertantang.

Dijelaskan, pada event Jogja Fashion Week, rancangan koleksi dengan sera baru itu akan ditampilkan secara perdana. Ada dua jenis tema rancangan yang sudah ia siapkan. Masing-masing dengan nama 'A Play with Tencel' dan 'The Glory of Tencel'.

Saya telah menyiapkan S Play with Tencel, yakni rancangan untuk koleksi pria urbane yang selalu mobile. Ada ceruk pasarnya, seiring dengan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia. Sementara The Glory of Tencel ditujukan untuk kaum perempuan perkotaan,”ungkapnya.

Romi menambahkan, rencana keikutsertaanyya di Jogja Fashion Week 2013 merupakan fashion show untuk kali kedua baginya, setelah tahun 2008 juga mengikuti event yang sama.

Ia mengharapkan, event fashion show di kota budaya itu akan menjadi batu pijakan bagi lini fashion baru yang akan diproduksinya tahun ini. (way)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN ,26-06-2013)

 

Tidak ada komentar: