Rabu, 26 Juni 2013

Kiriman KPS separuh dari jumlah rumah tangga sasaran (RTS)

Kartu Perlindungan Sosial

PEKALONGAN – Kartu Perlindungan Sosial (KPS) untuk mencairkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), baru didistribusikan di dua kecamatan di Kota Pekalongan, yakni Kecamatan Pekalongan Selatan dan Pekalongan Timur.

Hingga Sabtu (22/6) lalu, PT Pos Indonesia cabang Pekalongan baru menerima kiriman KPS separuh dari jumlah rumah tangga sasaran (RTS) yang menerima BLSM, yakni sebanyak 8.261 RTS. Menurut Sekretaris Satgas Pendistribusian KPS PT pos Indonesia Cabang Pekalongan, Mosyas, Pendistribusian KPS tersendat dari percetakan.

KPS belum datang semuanya. Untuk Kota Pekalongan, sampai saat ini kami baru menerima KPS sekitar 50 persen dari jumlah penerima BLSM. Sekitar 4000 KPS yang kami terima sudah kami distribusikan kepada sebagian warga di Kecamatan Pekalongan Selatan dan Kecamatan Pekalongan Timur. Terangnya saat ditemui Suara Merdeka di ruang Kerjanya Sabtu (22/6) lalu. PT Pos Indonesia cabang Pekalongan mulai menerima kiriman KPS sejak Rabu (19/6) pekan lalu. “Setelah itu KPS langsung didistribusikan kepada rumah tangga sasaran secara door to door,”sambungnya.

Kejar Target

Sementara itu, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu kiriman kekurangan KPS dari percetakan. Targetnya, semua warga penerima BLSM sudah menerima KPS pada Minggu (30/6) mendatang. Untuk mengejar target tersebut, lanjut dia, pihaknya akan didampingi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Pekalongan dalam mendistribusikan KPS kepada RTS.

Namun, kapan BLSM sebesar Rp 300.000 untuk bulan Juni itu akan disalurkan pada RTS pihaknya belum mengetahui. “Kami masih menunggu petunjuk dari pusat,”jelasnya.

Rencananya, lanjut dia, penyaluran BLSM akan dilakukan di titik-titik komunitas warga di masing-masing Kelurahan. Jumlah penerima BLSM lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 1.4666 RTS, sehingga pencairan BLSM tidak dipusatkn di kantor Pos.

Mosyas menambahkan, selain mendistribusikan KPS untuk warga Kota Pekalongn, PT Pos Indonesia Cabang Pekalongan juga mendistribusikan KPS untuk wilayah Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang. (K30-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 24-06-2013)

Tidak ada komentar: