Sabtu, 22 Juni 2013

Pemenang lomba perpustakaan nasional, dapat kesempatan magang di Malaysia

IAIN Walisongo Menangkan Lomba Kepustakaan Nasional

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pustakawan IAIN Walisongo Semarang, Bahrul Ulumi berhasil menjadi pemenang dalam lomba perpustakaan nasional yang diselenggarakan Forum Kerja Sama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), kemarin. Koordinator American Corner Walisongo ini akan mendapat kesempatan magang di Malaysia.

Bahrul Ulumi mengatakan, ada dua pemenang yang akan menjalani magang di perguruan tinggi Malaysia. Selain dirinya, yaitu Riah Wiratningsih dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo.

"Program magang di Malaysia tersebut akan berjalan selama satu minggu dengan dana dari FKP2TN," ungkapnya.

Mereka berdua berhasil menyisihkan pustakawan dari perguruan tinggi negeri se-Indonesia yang mendaftar. Adapun, kedua pemenang tersebut oleh tim seleksi telah dinyatakan memenuhi kualifikasi.

"Disana (Malaysia, red-) kami akan bertugas untuk menggali dan berbagi pengalaman dalam mengelola perpustakaan di perguruan tinggi," kata Bahrul.

Sebelumnya pada proses seleksi dilakukan dalam tiga tahap, diantaranya memenuhi persyaratan administratif, melampirkan portofolio dalam bidang akademik dan kepustakawanan. Adapun, seleksi lainnya meliputi dari penilaian wawasan dan penguasaan wacana global librarianship. Kemudian, manajemen dan pengembangan koleksi elektronik (online journal database), hingga kemampuan bahasa Inggris dan public speaking.

Program magang ini merupakan salah satu wujud kerja sama antara FKP2TN Indonesia dan Persidangan Perpustakaan Universitas dan Nasional (PERPUN) Malaysia.

( Anggun Puspita / CN39 / JBSM

Tidak ada komentar: