Kamis, 27 Juni 2013

5.500 kursi SMP, SMA dan SMK negeri di Kota Batik

Disiapkan 5.500 Kursi Murid

PEKALONGAN – Ratusan siswa dari luar Kota Pekalongan menyerbu tempat pendaftaran sekolah di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Pekalongan, senin (24/6).

Bersama siswa dari Kota Pekalongan, mereka akan berebut kursi sebanyak 5.500 kursi SMP, SMA dan SMK negeri di Kota Batik.

Kabid Pendidikan Menengah dan Kesetaraan Dindikpora Kota Pekalongan, Soeroso menjelaskan, pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2013/2014, Dindikpora setempat menyiapkan 5.500 kursi untuk siswa baru mulai jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK negeri.

Untuk SMP negeri tersedia 3.420 kursi yang tersebar di 17 SMP. Adapun untuk SMA negeri tersedia 928 kursi di empat SMA dan untuk SMK negeri tersedia 1.152 kursi yang tersebar di empat SMK,” papar Soeroso, Senin (24/6).

ia menjelaskan, pada penerimaan peserta didik baru tahun ini, Dindikpora Kota Pekalongan hanya menyediakan kuota 18 peserta bagi siswa dari luar yang ingin melanjutkan sekolah di Kota Pekalongan. Selain itu, juga bagi lulusan sebelum tahun ajaran 2013, lulusan kesetaraan dan siswa berprestasi.

Pada hari pertama pra pendaftaran, kemarin, ratusan siswa dari luar Kota Pekalongan membanjiri kantor Dindikpora Kota Pekalongan. Sebagian dari siswa tersebut sudah membawa berkas pendaftaran, seperti surat rekomendasi dari dinas pendidikan setempat. Sebagian lainnya hanya melengkapi berkasnya dengan berbagai sertifikat atau piagam prestasi yang pernah diterima.

Arif Budi Jatmiko dari Sragi, Kabupaten Pekalongan, ditemani ayahnya Ssuko, membawa berkas-berkas lengkap untuk mendaftar disalah satu SMA di Kota Pekalongan. “Mudah-mudahan diterima di SMA 1,” ujar Arif. Selain Arif, ada sejumlah siswa dari Limpung, Batang.

Persyaratan
sementara itu, sebagian lainnya mencari informasi terkait syarat-syarat pendaftaran peserta didik Baru di Kota Pekalongan. Nurida, misalnya, ia datang ke Dindikpora Kota Pekalongan untuk menanyakan syarat pendaftaran peserta didik baru.

Saudaara saya dari SMP IT Jepara ingin sekolah di Pekalongan, tapi belum tahu persyaratan nya,” ungkap dia di depan ruang informasi.

Pra pendaftaran akan berlangsung hingga jumat (28/6) mendatang. Pendaftaran meliputi verifikasi data pendaftar untuk lulusan luar Kota Pekalongan, lulusan tahun sebelumnya dan lulusan kesetaraan. Selain itu, verifikasi sertifikat piagam prestasi. Adapun pendaftaran secara online akan dibuka mulai Rabu (26/6) hingga Sabtu (29/6) mendatang. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 25-06-2013)

Tidak ada komentar: