Sabtu, 15 Maret 2014

100 lowongan kerja

Masih Ada 100 Lowongan Bagi Pencari Kerja

KABAR baik bagi para pencari kerja di Kota Pekalongan. Dari catatan Dinsosnakertrans, sampai awal Maret ini masih ada 100 lowongan kerja yang terbuka bagi masyarakat. Lowongan tersebut tersebar di berbagai bidang perusahaan dan terbuka hampir untuk seluruh kriteria pencari kerja. 
Hal itu disampaikan oleh Kasi Penempatan Kerja pada Dinsosnakertrans, Heryu Purwanto, SPSI. Dirinya mengatakan, memang belum memetakan satu persatu lowongan kerja yang tersedia. Namun Heryu, memastikan jumlahnya tak kurang dari 100 lowongan kerja. “Lowongan biasanya berlaku dalam satu minggu. Setelah itu perusahaan akan mencabutnya, kemudian akan digantikan dengan lowongan lain,” terangnya saat ditemui di Kantor Dinsosnakertrans, Rabu (12/3).
Bagi para pencari kerja bisa langsung mengakses lowongan yang tersedia di kantor Dinsosnakertrans baik melalui papan pengumuman yang ditempel di halaman kantor, maupun langsung meminta informasi dari petugas.. Sementara mengenai jumlah pencari kerja yang tercatat,   Heryu menerangkan, bahwa hingga akhir bulan Februari lalu, ada sebanyak 234 pencari kerja yang terdiri dari 136 laki-laki dan 98 perempuan.
Mereka rata-rata berusia antara 18 sampai 40 tahun dengan tingkat pendidikan yang bervariasi. “Namun sebagian besar berusia antara 18 sampai 25 tahun,” imbuhnya lagi. Jumlah tersebut merupakan  para pencqri kerjayang tercatat melalui pembuatan kartu kuning. Menurutnya, masih banyak para pencari kerja diluar dari data yang dimiliki Dinsosnakertrans. Jumlah tersebut, dikatakan Heryu, masih masuk dalam kategori sedikit. Pasalnya, saat ini bukan merupakan momen yang membuat jumlah pencari kerja membludak.
Kalau tinggi biasanya berkisar angka 300. kondisi tersebut terjadi usai adanya kelulusan, dibukanya lowongan CPNS sampai adanya pembukaan lowongan kerja besar-besaran seperti melalui bursa kerja. Dalam situasi tersebut, biasanya jumlah pembuat kartu kuning dan pencari kerja meningkat drastis.” bebernya.
Terkait pencari kerja yang sudah ditempatkan, dirinya juga mencatat sudah ada sebanyak 160 penempatan tenaga kerja dari awal tahun hingga bulan ketiga ini. Mereka yang ditempatkan, bukan hanya dari mereka yang tercatat di Dinsosnakertrans melainkan pencari kerja dari tahun lalu, maupun pencari kerja yang tidak tercatat. Meski begitu, hampir 50 persen mereka yang ditempatkan merupakan pencari kerja yang tercatat. “Kami tempatkan dibeberapa perusahaan baik lokal sampai keluar negeri,” pungkasnya. (nul)
 
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 12-03-2014)

Tidak ada komentar: