Sabtu, 01 Maret 2014

Alokasi raskin dialihkan Januari – Februari 2015

Raskin November s/d Desember Dialihkan ke Januari s/d Februari

ALOKASI raskin bulan November – Desember 2014 mendatang, direncanakan akan dialihkan untuk alokasi Januari – Februari 2015. Pengalihan tersebut, dilakukan dalam rangka mengantisipasi banyaknya kebutuhan beras pada awal tahun, dimana terjadi banyak peristiwa bencana seperti yang terjadi pada awal tahun 2014 lalu. Kepastian tersebut didapatkan Bagian Perekonomian Setda Kota Pekalongan usai mendapatkan surat edaran dari Kementrian Sosial RI terkait adanya instruksi pengalihan alokasi raskin tersebut.
Meski begitu, pelaksanaan instruksi tersebut tetap akan menunggu surat instruksi lanjutan dari Gubernur Jawa Tengah “Benar kami sudah menerima surat edaran tersebut, bahwa alokasi raskin untuk November – Desember dialihkan ke Januari – Februari tahun depan,” terang Kabag Perekonomian, Drs Setiyo Susilo MM. Namun, Setiyo mengatakan, pihaknya belum mengetahui kepastian pelaksanaannya. Karena masih menunggu instruksi selanjutnya, melalui surat edaran Gubernur. “Mungkin yang menjadi alasan saat awal tahun kebutuhan beras sangat tinggi, karena terjadi banyak bencana,” imbuhnya lagi. Sementara untuk distribusi raskin alokasi Januari-Februari di Kota Pekalongan, per tanggal 20 lalu tercatat sudah ada 38 kelurahan yang didroping alokasi dua bulan tersebut. Sementara sisanya, kini masih dalam tahap permintaan musyawarah kelurahan untuk menyelaraskan data penerima raskin di masing-masing wilayah.

Beberapa masalah data yang muncul adalah adanya RTS penerima raskin yang datanya tidak sama dengan pemegang KPS, sehingga perlu diadakan muskel untuk penyesuaian. Dengan langkah tersebut, data yang masih belum sama sudah clear. Kelurahan banyak menemui permasalahan data pemegang KPS yang meninggal dunia, pindah ke kelurahan atau wilayah lain. Namun seluruhnya sudah diganti dengan data pemegang KPS yang baru,” bebernya. Sementara untuk wilayah atau kelurahan yang belum melakukan distribusi, Setiyo menargetkan minggu depan atau akhir Februari mendatang seluruh distribusi raskin sudah selesai. Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada kelurahan yang sudah menerima distibusi untuk segera melakukan pelunasan pembayaran. Pasalnya, mulai alokasi depan bagi kelurahan yang belum lunas tidak akan diberi distribusi raskin bulan selanjutnya.
Untuk distribusi raskin di awal bulan memang menemui beberapa kendala, terutama mengenai data yang tidak sama. Namun kini masalah tersebut sudah bisa diselesaikan, tinggal di beberapa kelurahan saja yang masih harus diadakan muskel guna menyamakan data agar pendistribusian raskin tepat sesuai sasaran,” pungkasnya. (nul)
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 24-02-2014)

Tidak ada komentar: