Sabtu, 15 Maret 2014

Tangkapan Ikan Berlimpah

Ikan Tangkapan Nelayan Berlimpah

PEKALONGAN – Memasuki pertengahan Maret, ikan hasil tangkapan nelayan di pesisir Kota Pekalongan, berlimpah. Kondisi tersebut jika dibandingkan dengan hasil tangkapan pada Januari-Februari lalu.
Kepala Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kasim Sumadi mengatakan, hasil tangkapan nelayan selama 10 hari pada Maret jumlahnya hampir sama dengan jumlah hasil tangkapan selama satu bulan sebelumnya.
Pada Januari, ikan hasil tangkapan nelayan mencapai 582 ribu kilogram, Februari 580 kilogram, sedangkan hasil tangkapan pada 1-10 Maret mencapai 478 ribu kilogram,” papar Kasim, selasa (11/3).
Kontribusi PAD
Peningkata hasil tangkapan ini, menurut dia, lantaran cuaca sudah membaik. Semua kapal baik purseseine maupun mini pursesine sudah berlayar. Saat ini ikan hasil tangkapan nelayan yang dilelang di TPI Pekalongan didominasi dari hasil tangkapan kapal mini purseseine karena masa pelayarannya pendek.
Namun demikian kapal purseseine, imbuh dia, juga sudah ada yang membongkar ikan hasil tangkapan untuk lelang. Lelang ikan di TPI dilakukan sesuai dengan mekanisme. Bakul ikan yang menang lelang membayar hasil lelangnya di kasir TPI, selanjutnya kasir membayar kepada nelayan. “Proses pembayaran ke nelayan dilakukan dalam satu hari, kasir TPI buka sampai pukul 17.00,” jelas Kasim.
Sementara itu TPI yang pernah meraih juara I pengelolaan pelelangan ikan tingkat Provinsi Jateng pada 2007, ditarget memberikan kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD) 2014 sebesar Rp 4,2 miliar. “Saat ini PAD yang masuk Januari dan Februari baru mencapai sebesar Rp 450 juta,” kata Kasim (K40-74)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 13-03-2014)

Tidak ada komentar: