Sabtu, 15 Maret 2014

Stok darah PMI Kota Pekalongan menipis

Persediaan Darah A dan B PMI Menipis

KOTA – Permintaan daragh golongan A dan B meningkat. Akibatnya stok darah PMI Kota Pekalongan menipis. Demikian diungkapkan petugas pelestarian donor darah sukarela (P2D2S) Erna Sukadiyah, yang ditemui Radar, Rabu (12/3). “Saat ini persediaan darah PMI untuk golongan darah A dan B menipis, yang biasanya ada 40 sampai 50 kantong darah. Kini persediaan darahnya hanya 10 kantong darah,” ungkapnya.
Selain karena banyaknya permintaan, Erna mengaku, menipisnya golongan darah A dan B, juga dipengaruhi menurunnya jumlah pendonor yang memiliki darah A dan B. “Pendonor terbesar berasal dari para pelajar SMP dan SMA. Karena saat ini sekolah sedang mempersiapkan siswa untuk tryout dan ujian nasional. Jadi jumlah pendonor pelajar menurun,” sambungnya. 

Namun Erna mengatakan bahwa untuk mengatasi hal ini pihak PMI akan mengadakan donor darah dengan frekuensi yang lebih sering. “Untuk tetap menjaga persediaan darah tetap aman, kami melakukan donor darah di instansi-instansi pemerintah dengan frekuensi lebih sering,” pungkasnya. (ap3)
(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 12-03-2014)

Tidak ada komentar: