Sabtu, 08 Maret 2014

Tim Penilai Krenova, 17 Proposal dari 8 peserta dinilai

17 Proposal dari 8 peserta, dinilai TIM VERIFIKASI

KAJEN – Tujuh belas proposal dari delapan peserta lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Pekalongan Tahun 2014, Kamis (27/2) dinilai oleh Tim Penilai Krenova serta Pameran Produk Inovasi Kabupaten Pekalongan Tahun 2014. Penilaian tersebut untuk menentukan juara 1, 2 dan 3, yang selanjutnya akan diikutsertakan dalam Lomba Krenova Tingkat Provinsi Jawa Tengah bulan Juni mendatang.

Tim Penilai Krenova yang diketuai oleh Sekretaris Bappeda Kab. Pekalongan dengan anggota tim yang terdiri dari Kabid Statistik, Penelitian dan Pengembangan Bappeda, Kabag Hukum, Kabag Humas, Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, Kabid Pemerintahan dan Sosbud Bappeda, Kabid Perekonomian Bappeda, Dosen UNIKAL, Instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) Dinsosnakertrans dan Dosen Politeknik Muhammadiyah Pekalongan ini melakukan penilaian dengan beberapa kriteria dan indikator penilaian tertentu.

Sebelum Tim Penilai Krenova melakukan penilaian langsung ke lapangan, Kepala Bidang Statistik dan Penelitian Pengembangan Bappeda Kabupaten Pekalongan Ikhlas Ananda, SH,MSi, dalam briefing menjelaskan kriteria penilaian yang meliputi 5 hal, yaitu masalah yang ditangani dengan indikator penilaian kejelasan perumusan masalah terkait dengan pentingnya dilakukan inovasi. Kemudian tujuan dan tingkat kemanfaatan dalam pembangunan, selanjutnya spesifikasi dan proses kerja  dengan indikator kejelasan detail spesifikasi dan proses atau cara kerja alat, dilengkapi dengan foto atau gambar.

 “Kriteria berikutnya adalah tingkat orisinalitas dan kepioniran temuan, baik untuk alat, produk maupun proses pembuatannya. Serta kriteria yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah penerapan dan keberlanjutan dengan indikator tingkat kemudahan dalam pengaplikasian dan pemeliharaannya,” jelas Ikhlas.

Lebih lanjut Ikhlas menyampaikan delapan peserta dengan tujuh belas proposal yang akan dinilai oleh Tim Penilai Krenova  ini adalah Politeknik Muhammadiyah Pekalongan dengan “Pengaruh Celah Busi Terhadap Emisi Gas Buang pada Mobil Avanza”, Budiarto Kalung dari desa Kebonagung Kajen dengan “Batik Tralley Bags”, SMK I Sragi dengan dua proposalnya yaitu “Matt Bunga Sukun Aromateraphy (Obat Nyamuk Elektrik) sebagai Pengusir Nyamuk Ramah Lingkungan” dan “Rancang Bangun Alat Tepat Guna Membatik Ban Luar Sepeda Motor”.

Selanjutnya SMK Wira Bahari Wonokerto dengan proposalnya yang diajukan “Pakan Ikan Organik Apung dengan Limbah Kotoran Sapi”, SMK Muhammadiyah Pencongan Wiradesa dengan proposal “Mesin Batik Cap Sistem Roll”,  kemudian Universitas Pekalongan dengan “Aksesoris dan Krans Bunga Mawar dari Perca Batik (Seni Kerajinan Perca Batik Paduan Teknis Tsumami-Zaiku Jepang dan Material Indonesia)”, SMK Ar-Rahman Watusalam Kecamatan Buaran dengan “Konsep Inovasi Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Energi Alternatif Terbarukan “Biopallet/Biomass”.

Peserta ke delapan adalah SMA 1 Kajen yang mengikuti lomba dengan 10 macam proposal untuk dilombakan. Sepuluh prorposal tersebut yaitu “Pemanfaatan Limbah Air Kelapa Tua dan Daun Semanggi Menjadi Kecap”, “Antena TV Layang-layang”, “Pengering Sepatu Serba Guna”, “Teknologi Power Bank bagi Masyarakat Terutama bagi Kalangan Remaja”, “Lampu Botol Tenaga Surya sebagai Alternatif Penerangan Hemat Energi”, “Sistem Irigasi Tetes”, Battery Dry Cell (dari kulit durian)” dan “Botol Bercahaya Merah Perangkap Nyamuk” serta “Penyaring Air”.

Setelah dilakukan penilaian, Tim Penilai Krenova selanjutnya menentukan pemenang dan akan memberitahukannya ke setiap peserta pada tanggal 3 Maret 2014. Dan bagi pemenang akan mendapatkan piagam penghargaan dan insentif pembinaan pengembangan dari Bupati Pekalongan yang akan diserahkan pada bulan Agustus 2014. Untuk juara I akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 4 juta, juara II Rp 3,5 juta dan juara III Rp 3 juta. (451h&Didik)

Tidak ada komentar: