Sabtu, 15 Maret 2014

Pengelolaan Sampah oleh Kelurahan ditunda hingga Mei

Pengelolaan Sampah oleh Kelurahan Ditunda

PEKALONGAN – Pengelolaan sampah oleh kelurahan ditunda hingga Mei. Dengan demikian, armada pengangkut sampah DPU Kota Pekalongan akan tetap mengangkut sampah yang menumpuk di tepi-tepi jalan.
Armada pengangkut sampah DPU akan tetap mengambil sampah-sampah di tepi jalan sambil menunggu kesiapan kelurahan dan masyarakat mengelola sampahnya sendiri,” kata Kepala DPU Kota Pekalongan Marsudi Ismanto, kamis (6/3).
Menurut dia, sembari menunggu kesiapan kelurahan dan masyarakat, sebanyak 17 armada pengangkut sampah DPU Kota Pekalongan akan tetap berkeliling untuk mengangkut sampah di tepi-tepi jalan. Seperti diberitakan, mulai 3 Maret pengelolaan sampah dilimpahkan ke kelurahan. Dengan pelimpahan pengelolaan sampah ke kelurahan, armada sampah DPU nantinya tidak lagi mengambil timbunan sampah di tepi jalan di kelurahan-kelurahan di Kota Pekalongan.
Namun, pengelolaan sampah oleh kelurahan baru akan dilaksanakan pada Mei.
Tim Pelaksana
Marsudi mengatakan, kelurahan-kelurahan ditargetkan siap mengelola sampah pada Mei. “Pada bulan itu merupakan batas waktu bagi kelurahan-kelurahan untuk mengelola sampah,” jelasnya. Kebijakan tersebut untuk mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam mengelola sampah. Karena menurut dia, belum semua wilayah di Kota Pekalongan bisa dijangkau oleh armada pengangkut sampah DPU, terutama daerah-daerah pelosok.
Belum semua terlayani,” sambungnya. Karena itu, warga diharapkan bisa mengelola sampah sendiri, atau membuang sampah ke transfer depo sampah dan kontainer sampah yang terdekat dari tempat tinggal. Terkait hal itu, Lurah Panjang Wetan, Nur Ahmad Ihsan mengatakan, ihaknya sudah menyosialisasikan hal itu kepada masyarakat dan telah membentuk tim pelaksana.
Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bagaimana nanti pelaksanaannya di tiap-tiap RT dan di gang-gang,” kata dia, jumat (7/3). Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan persiapan sarana prasarana pendukung. Diantaranya pengadaan armada pengangkut sampah. Menurut dia, nantinya ada dua unit armada roda tiga untuk mengangkut sampah di tepi-tepi jalan di Kelurahan Panjang Wetan.

Dana akselerasi sudah cair. Segera digunakan untuk membeli armada roda tiga guna mengangkut sampah,” kata dia. (K30-68)
(SUMBER : SUARA MERDEKA, 11-03-2014)

Tidak ada komentar: