Selasa, 02 April 2013

Pameran buku 'Bumi Batik Membaca'

Targetkan Transaksi Pameran Buku Rp 250 Juta 

JETAYU – Pameran buku bertajuk 'Bumi Batik Membaca' yang digelar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) di GOR Jetayu Kota Pekalongan mulai Kamis (28/3), menargetkan capaian transaksi sebesar Rp 250 juta. Pameran buku yang juga menjadi salah stau rangkaian kegiatan HUT ke 107 itu digelar selama seminggu. Dibuka mulai Kamis, pameran tersebut akan berakhir pada rabu (¾). Dituturkan Penanggung Jawab Pameran. Hinu OS, capaian transaksi yang ditargetkan menyesuaikan dengan kondisi, dan jumlah buku yang dijual dalam pameran. “Dalam pameran kali ini, ada sebanyak 150 penerbit yang bergabung. Per penerbit menargetkan transaksi sebesar Rp 15 juta selama pameran. Sehingga target total transaksi dalam pameran ini sebesar Rp 250 juta,” jelasnya.

 ilustrasi

Pameran yang digelar diKota Pekalongan ini, dikatakan Hinu, hampir bersamaan dengan beberapa pameran lain yang juga di gelar di beberapa kota di Jawa. Sehingga menurutnya, jumlah penerbit yang ikut serta menjadi berkurang dari target sebelumnya. Tetapi, pihaknya mencoba mensiasati hal tersebut dengan membawa jumlah varian buku yang banyak. “Memang, jumlah buku yang dibawa penerbit terbilang sedikit, namun jumlah variannya yang banyak. Jadi, pameran kali ini jenis buku yang dihadirkan lebih lengkap meskipun jumlahnya bukunya cenderung lebih sedikit. Hal itu dikarenakan dalam waktu yang bersamaan banyak Kota lain yang juga menggelar pameran,” terangnya lagi.

Kepala KPAD setempat, Maryati SH MSi, dalam sambutannya mengatakan, pameran buku menjadi salah satu alternatif pemenuhan informasi dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat. Meskipun 20 persen APBD Kota Pekalongan sudah disalurkan untuk pendidikan, dan lima persennya digunakan untuk pengembangan perpustakaan, di katakan Maryati belum cukup memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan masyarakat. Untuk itu, diharapkannya melalui pameran buku tersebut masyarakat bisa mendapatkan banyak informasi, dan ilmu baru melalui buku yang dipamerkan.

Harapan kami dengan pameran seperti ini bisa menarik minat masyarakat untuk membaca. Karena banyak informasi dan pengetahuan yang bisa didapatkan disini,” ucap Maryati. Hal yang sama juga disampaikan Wakil Walikota, H Alf Alrslan Djunaid. Wawalkota secara khusus berpesan agar pihak KPAD dapat menyebarkan surat edaran kepada seluruh sekolah untuk dapat mengirimkan siswanya guna mengunjungi pameran buku tersebut. “Sasaran utamanya tentu siswa sekolah. Dari sini mereka akan lebih banyak mendapatkan referensi tentang pelajaran yang diajarkan di sekolah,” saran Wawalkot. (ap16)


(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 30-03-2013)

 

Tidak ada komentar: