Jumat, 05 April 2013

19 miliar untuk Program Akselerasi Pembangunan Keluarga Sejahtera

Kelurahan Digelontor Dana Rp 19 Miliar 

PEKALONGAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan tahun ini menggelontorkan dana sebesar Rp 19 miliar dalam Program Akselerasi Pembangunan Keluarga Sejahtera Berbasis Masyarakat (PAPKS-BM). Program ini bertujuan untuk mendorong percepatan dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPMP2AKB) Kota Pekalongan Sri Wahyuni menjelaskan, dana PAPKS-BM terdiri dari dana yang bersifat alokasi dana khusus (AAK). “Sebanyak 79,88 persen atau Rp 15,177 miliar untuk AAU dan 20,12 persen atau Rp 3,822 miliar untuk AAK,” jelasnya pada Sosialisasi Program Akselerasi Pembangunan Keluarga Sejahtera Berbasis Masyarakat di ruang sidang DPRD.

Dijelaskan dia, nantinya, masing – masing kelurahan akan menerima anggaran sebesar Rp 100 juta, ditambah Rp 1 juta dikalikan jumlah RW. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan guna mendorong percepatan dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera. Ada empat kegiatan wajib yang akan dilaksanakan. Yakni bina manusia, bina usaha, bina lingkungan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Sri Wahyuni memaparkan, program bina manusia yang akan dilaksanakan tahun ini di antaranya kejar paket C dan B di 23 kelompok belajar, rintisan sekolah ramah anak di SDN Medono 07, SDN Kradenan 04, SDN Panjang Wetan 01 dan SDN Poncol 03. Selain itu, kampung ramah anak di Kelurahan Kertoharjo, Dukuh, Sampangan, dan Medono.

Pelatihan Anak
Sementara itu, program bina usaha yang disiapkan antara lain memberikan pelatihan keterampilan bagi 570 anak dari keluarga kurang mampu. Untuk program bina lingkungan, pihaknya akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk penanaman 20.000 pohon sirsak dan 4000 pohon gaharu, serta pembuatan 70 taman RW. Selain itu juga memperbaiki 488 rumah tidak layak huni (RTLH). Walikota M Basyir Ahmad mengatakan, dana PAPKS-BM tersebut akan segera cair. “Dalam waktu dekat akan cair 50 persen. Nanti pada Juni dan Juli akan cair lagi 50 persen,” terangnya. Menurut dia, program yang akan dilaksanakan nantinya 80 persen merupakan aspirasi masyarakat. (smnetwork/k30-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 04-04-2013)

 

Tidak ada komentar: