Jumat, 12 April 2013

Keuangan seluruh SKPD di Kota Pekalongan, akan berbasis web

SIMDA Keuangan Pemkot Pekalongan Akan Berbasis Web 

Pekalongan, Info Publik –Sistim Informasi Daerah (SIMDA) Keuangan seluruh SKPD di Kota Pekalongan rencananya akan berbasis web di ‘online’kan, hingga bisa diakses dari mana saja oleh pemakainya. Namun agar tidak bisa diakses oleh sembarang orang kepada tiap pemakainya akan diberi Virtual Private Network (VPN).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pada acara Sosialisasi pemaparan VPN Untuk Aplikasi SIMDA Keuangan yang digelar di Ruang Jetayu, Kamis (11/4). Acara ini diikuti oleh utusan dari seluruh SKPD yang ada di Kota Pekalongan.



Menurut Sri Budi Santoso dengan di ‘On line’kanya SIMDA Keuangan memang memiliki sisi kelemahan. Diantaranya memiliki level resiko keamanan yang tinggi. “Karena hal itu memiliki kemungkinkan untuk disalah gunakan pihak lain,” katanya.

Namun dengan VPN bisa diminimalisir kekhawatiran itu. Karena menjadi hanya akan bisa dibuka oleh orang yang memiliki akses. Sebagai langkah awal laptop para pemakai SIMDA Keuangan itu akan diinstal dengan program VPN. “Jadi untuk mengerjakan hal yang terkait dengan dengan itu bisa dilakukan dimana saja asal ada akses internet,” tegas Sri Budi. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: