Rabu, 03 April 2013

Kunjungan rombongan KIM Wonosobo ke Pekalongan

Kim Miliki Peran Strategis Hadapi Tantangan Era Tik

Pekalongan, Info Publik – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran strategis dalam menjawab tantangan yang muncul di era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dimana kondisi itu menjadikan dunia seakan tanpa mengenal batas wilayah. Manusia dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Yang apabila tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia dalam memilah dan memilih informasi yang tersedia secara transparan berdampak pada kontra produktif dalam kerangka pembangunan di segala bidang.

Hal itu dikemukakan Asisten pemerintahan dan Administrasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan Slamet Prihantono saat menerima kunjungan rombongan dari KIM Wonosobo, di ruang Jetayu, Selasa (2/4). Rombongan KIM Wonosobo tersebut dipimpin oleh Asisten Administrasi Pemkab Wonosobo Sukmaedy SH Msi



Menurut Slamet Prihantono dasar pembentukan KIM adalah melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial. “Ke depan kami berharap KIM dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Sementara itu Sukmaedy saat menyampaikan perkenalanya mengatakan kedatangan rombonganya ke Kota pekalongan adalah untuk belajar bagaimana mengembangkan KIM sehingga bisa jadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah. “Melalui KIM ini kami ingin bisa mengelola sumber daya manusia yang ada,” tandasnya.

Usai acara perkenalan yang dilanjutkan dengan tukar menukar cindera mata, rombongan dari KIM Wonosobo itu langsung menuju ke KIM Kelurahan Kraton Kidul. Disana mereka bertukar pengalaman dengan segenap pengurus KIM setempat. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: