Sabtu, 11 Mei 2013

Acara akbar Hari Asean Blogger Festival 2013

Tiga Hari Asean Blogger Festival 2013 Digelar di Solo

SOLO, Suaramerdeka.com – Acara akbar bagi para blogger (penulis dalam blog, red) se-Asia Tenggara yakni Asean Blogger Festival (ABF) Indonesia 2013, digelar di Kota Solo selama tiga hari Jumat hingga Minggu (10-12/5).

Festival yang bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel itu, menurut Ketua Panitia ABF Indonesia 2013 Novianto PR, digelar guna menyambut terbentuknya Komunitas Asean 2015. 

ABF sendiri merupakan pertemuan bloger-blogger dari seluruh negara anggota ASEAN, yang terdiri 50 blogger dari berbagai negara dan 200 blogger dari berbagai penjuru Nusantara.



“Keberadaan komunitas ini, berpotensi meningkatkan berbagai aspek. Seperti sosial, ekonomi dan budaya,” akunya, Kamis (9/5).

Novianto melanjutkan, gelaran ABF yang difasilitasi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan didukung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Pemkot Surakarta itu, akan diisi berbagai kegiatan. Misalnya seminar, pertukaran informasi, diskusi, pembahasan rencana aksi komunitas, pameran, cultural performance, kompetisi hingga festival makanan. “Tema AFB yakni Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia,” terang dia.

Dikatakan dia, pemilihan tema itu bertujuan untuk menemukan kembali ruh atau akar budaya warga bangsa Asean sebagai peninggalan nenek moyang. Bahkan pemilihan Kota Bengawan pun, tak lepas dari mata rantai sejarah. Dimana Solo merupakan bagian dari generasi kerajaan.

Secara khusus, yang membuka acara itu, diantaranya Sekretaris Kabinet, Dirjen Kerjasama Asean, Kemenlu dan Kementerian Kominfo. “Kami harap turut memberikan dampak positif bagi warga Solo,” harap dia.

Wakil Ketua Panitia ABF, Blontank Poer menambahkan, ABF yang dideklarasikan di Jakarta ada 10 Mesi 2011 lalu itu, diharapkan mampu mendukung proses integrasi berpusat pada rakyat Asean. Bahkan komunitas lingkup antar negera itu, mampu meberikan ide dan masukan bagi pemerintah.

“Maka itu dengan gelaran ABF yang resmi dibuka pukul 09.00 di Kusuma Sahid Pricne Hotel Jalan Sugiyapranata tersebut, bisa mewujudkan terbentuknya Komunitas Asean 2015,” jelasnya.

( Asep Abdullah / CN34 / JBSM )

Tidak ada komentar: