Selasa, 02 Juli 2013

Jambore kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jawa Tengah

Masyarakat Harus Siap Jadi Tuan Rumah Tamu Yang Ramah 

Pekalongan, Info Publik - Masyarakat yang tinggal di daerah wisata diharapkan siap dan bisa bersikap ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung. Karena hal itu amat penting untuk memajukan sekaligus menghidupkan pariwisata di daerah. Demikian disampaikan Totok Prianto MM mewakili Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwsata jawa Tengah pada pembukaan acara jambore kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jawa Tengah yang dilaksanakan di GOR Jetayu, Pekalongan, Selasa (2/7).

Kita semua harus bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu yang berkunjung seramah mungkin agar aktifitas kepariwisataan bisa kian hidup dan maju yang pada giliranya bisa memberikan nilai manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Walikota Pekalongan, dr HM Basyir Ahmad pada kesempatan yang sama menegaskan Jawa Tengah merupakan daerah dengan destinasi wisata terbanyak di tanag air. Namun hal itu tidak akan banyak berguna tanpa peran serta dari masyarakat, “Dalam hal ini pemerintah hanyalah selaku regulator dan pendukung saja, bersama dengan masyarakat semuanya harus bersinergi jika ingin berhasil,” tandasnya.

Ditambahkanya keberhasilan Kota Pekalongan dalam mengelola pariwisata adalah juga peran aktif dari berbagai komunitas yang ada. “Peran serta komunitas amat menentukan dalam keberhasilan ,” tambahnya. Basyir menambahkan pihaknya akan segera menggandeng daerah-daerah sekitar untuk semakin memajukan pariwisata. 

Sementara itu pemberdayaan masyarakat Ditjen Direktur Pengembangan Pengembangan Destinasi Wisata kementrian pariwsata dan Ekonomi Kreatif Drs Bakri MM menyambut baik digelarnya Jambore Pokdarwis ini . “Karena Jawa Tengah merupakan satu-satunya daerah yang konsisten menggelar Jambore Pokdarwis,” katanya.

Menurut Bakri untuk semakin memajukan dunia pariwisata di tanah air pihak Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif sedang berisnergi dengan Kwarnas untuk membangun saka pariwisata. “Saka pariwisata adalah integrasi kepramukaan dengan pariwisata,” ujarnya.

Acara jambore Pokdarwis ini sendiri akan berlangsung sampai dengan Rabu (3/7) dan diikuti oleh 32 Daerah dari 35 daerah tingkat II yang ada di Jawa Tengah. (diskominfo/007) 

 

Tidak ada komentar: