Selasa, 26 Februari 2013

Basyir: Saya Ingin Seluruh Warga Muslim Kota Pekalongan Bisa Baca Tulis Al-Quran dan Mengaji

TPQ Perlu Terobosan dan Inovasi 

Pekalongan, Info Publik - Sebagai tempat untuk memberikan pembelajaran bagi anakperkembangan ahlaq anak –anak, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) memegang peranan yang cukup penting. Karenanya guna perbaikan yang terus menerus dan menjadi lebih baik dari hari kehari, TPQ perlu selalu melakukan terobosan dan inovasi.

Demikian disampaikan Walikota Pekalongan dr HM Basyir Ahmad saat membuka Peningkatan dan Pembalajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Bagi Kepala TPQ Se Kota Pekalongan, di Ruang Amarta, Selasa (26/2).

Menurut Basyir pembelajaran TPQ selama ini telah mampu memberikan manfaat yang sangat bagi kehidupan yang ‘berahlaq ul karimah’. “Kedepan saya ingin agar TPQ bisa menjangkau seluruh masyarakat Kota Pekalongan, dengan bahasa lugas saya ingin seluruh warga muslim Kota Pekalongan bisa baca tulis Al-Quran dan mengaji,” katanya.

Dia berharap pendidikan TPQ juga sudah bisa diberikan bagi anak-anak usia dini dengan mendirikan PAUD – TPQ. “Semakin cepat pendidikan Al – Quran diberikan kepada anak akan semakin besar daya serapnya,” tandasnya. 

Basyir menilai hal ini sangat penting karena sangat berkaitan denga keberkahan. “Selama ini saya merasa sangat dimudahkan dalam melaksanakan tugas sebagai walikota tentu juga dikarenakan keikhlasan bapak ibu semua dalam memberikan pendidikan agama kepada anak-anak,” ujarnya. 

Disii lain Basyir juga menyoroti minimnya penghasilan yang diterima oleh guru dan pengelola TPQ. “Pekerjaan ini memang lebih memerlukan pengorbanan, meskipun begitu saya sangat berharap agar Bapak ibu tetap bekerja maksimal karena TPQ amat menentukan masa depan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Badan Koordinasi (Badko) TPQ Se Jawa Tengah yang juga Kepala badko Kota Pekalongan Khumaidi menggaris bawahi pentingnya pendidikan baca tulis Al-quran bagi anak-anak usia dini. “Semakin dini dimulai akan semakin baik, bahkan jika perlu untuk ibu-ibu yang hamil diatas 4 bulan juga perlu dibuatkan TPQ,” katanya. Alasanya janin bayi dengan usia lebih dari 4 bulan itu sudah bisa menyerap apa yang juga didengarkan oleh sang ibu. (diskominfo/007) 

 

Tidak ada komentar: