Senin, 18 Februari 2013

Kodim 0710 Pekalongan Uji Kompetensi Prajurit

Tingkatkan Kemampuan, Anggota Kodim Jalani UTP

KODIM – Sebagai bekal untuk menjalankan tugas teritorial di lapangan, anggota Kodim 0710 Pekalongan tingkat bintara dan tamtama menjalani Uji Kompetensi Prajurit (UTP), Jumat (15/2).

Pelaksanaan kegiatan tersebut, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan masing-masing prajurit. Harapannya bisa bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya nanti.

UTP diikuti oleh seluruh prajurit Kodim yang dibentuk dalam beberapa kelompok yang disebut sirkuti. Kemudian akan dites secara teori per prajurit terkait penguasaan kemampuan untuk menjalankan tugas di lapangan.

Dandim Pekalongan, Letkol Kav Wahyu Eko Purnomo melalui Passi Of Kodim, Kapt Inf Mukahir, menjelaskan, kegiatan yang digelar rutin tiap awal tahun tersebut menjadi ajang untuk menjaga, sekaligus meningkatkan kemampuan umum perorangan prajurit.


 Dikatakannya, profesionalisme prajurit yang bertugas di satuan teritorial hanya dapat dicapai melalui belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh, salah satunya adalah melalui UTP Umum guna menunjang tugas pokok satuan teritorial. “Disini kami berikan tes beberapa teori terkait tugas dan kemampuan yang wajib dimiliki perorangan prajurit. Dengan kegiatan ini, diharapkan seluruh prajurit dapat terus menjaga dan meningkatkan kemampuannya,” terang Mukahir.

Sejatinya banyak upaya lain yang juga dilakukan untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan prajurit. Namun UTP sebagai salah satu kegiatan rutin memang menjadi salah satu tahapan terpenting. “Bisa dikatakan kegiatan ini sebagai kegiatan dasar. Setelah UTP ada beberapa kegiatan lanjutan yang dilaksanakan secara berjenjang,” imbuhnya lagi.

Dikatakannya lebih lanjut, ada dua sasaran utama dalam dijalankannya UTP, masing-masing adalah prajurit dapat memahami, dan mampu melaksanakan tugas sesuai tingkat jabatannya masing-masing. Kemudian dapat terlihatnya kemampuan perorangan prajurit sesuai tingkat jabatan masing-masing. “Dua sasaran tersebut yang selalu kami pastikan agar tercapai dalam setiap kegiatan UTP. Dengan dasar itu, prajurit dipastikan dapat menjalankan yang dibebankannya dengan baik di lapangan,” terang Mukahir.

Kegiatan UTP, diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Wahyu Eko Purnomo. Dilanjutkan dengan penyematan bendera di pundak salah seorang prajurit sebagai simbol dimulainya kegiatan UTP. (ap16)

 

Tidak ada komentar: