Rabu, 27 Februari 2013

Permintaan Ikan Impor Meningkat

Tangkapan Nelayan Sepi Permintaan Ikan Impor Meningkat 

Sepinya produksi ikan di TPI Kota Pekalongan selama beberapa hari terakhir ini, membuat permintaan ikan impor dari sejumlah pedagang maupun produsen ikan pindang setempat semakin meningkat.

Kepada Radio Kota Batik, salah seorang pedagang ikan di kompleks TPI, Jujuk mengatakan, permintaan ikan impor dari sejumlah pedagang dan produsen ikan pindang meningkat tajam sejak sepekan terakhir.
 


Jujuk menjelaskan, pada hari-hari biasa ia hanya mampu menjual ikan impor jenis salaem 300 kardus per hari, namun saat ikan lokal mulai sulit diperoleh maka penjualannya bisa mencapai 500 kardus per hari dengan harga jual sekitar 105 ribu hingga 108 ribu rupiah per kardus.

Sementara itu, Kepala TPI setempat, Kasim Sumadi mengungkapkan, setiap gelombang besar dan nelayan tidak ada yang melaut akan berdampak pada kenaikan harga ikan lokal dipasaran.

Kasim menambahkan, kondisi seperti ini tidak hanya nelayan yang kesulitan mencari ikan tetapi para bakul juga terkendala dengan tidak adanya stok ikan untuk dijual kembali. Akibatnya banyak bakul ikan beralih membeli ikan impor untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Tidak ada komentar: