Selasa, 26 Februari 2013

Tiga Mahasiswa Asal Universitas Tokyo Memberikan Motivasi Siswa SMP-N 8

Mahasiswa Jepang Motivasi Siswa SMP 8 

SMPN8 – Siswa SMP N 8 Kota Pekalongan, mendapatkan kesempatan istimewa untuk menimba ilmu dari mahasiswa asal Jepang. (23/2) lalu, tiga orang mahasiswa asal Universitas Tokyo, Jepang, didampingi mahasiswa dari Udinus melakukan kunjungan untuk memberikan motivasi dan berbagai pengalaman kepada siswa di SMPN 8. Kedatangan tiga orang mahasiswa tersebut, disambut langsung oleh Kepala Sekolah, Zaenal Muhibin SPd dan seluruh jajaran guru. Kemudian, mereka menggelar diskusi di aula sekolah diikuti oleh seluruh siswa dan guru.

Payo, salah satu mahasiswa menceritakan pengalaman mengenai kehidupan sehari – harinya di Jepang. Diceritakannya, bahwa selain kuliah, Payo juga bekerja paruh waktu di senuah restoran. Hal itu dilakukan Payo untuk kehidupannya sehari – hari. Setiap hari, dirinya berangkat kuliah sekitar pukul 9 pagi dan selesai pukul 6 sore. Baru setelah itu dirinya berangkat ke sebuah restoran untuk bekerja. “Disana sebagian besar mahasiswa melakukan kebiasaan itu terkecuali mahasiswa yang sebenarnya berasal dari keluarga yang mampu. Hal itu dilakukannya agar mereka dapat belajar mandiri sejak dini,” bebernya lagi. Meskipun sibuk bekerja saat malam hari.

Payo mengaku dirinya dan mahasiswa lain tetap tak meninggalkan kewajiban utamanya untuk belajar. “Sebagai mahasiswa, tugas untuk menuntut ilmu merupakan yang utama. Sehingga sesibuk apapun kami bekerja, tak akan meninggalkan belajar,” ucap mahasiswa yang bercita – cita menjadi seorang guru tersebut. Payo mengatakan, hal itulah yang menjadi perbedaan utama mahasiswa Indonesia. Dirinya melihat, masih sedikit mahasiswa Indonesia yang belajar mandiri dengan membiayai hidupnya sendiri. Padahal menurutnya, kebiasaan tersebut perlu dilakukan sejak dini agar tidak selalu meminta kepada orang tua untuk kebutuhannya sendiri.

Sementara itu Kepsek SMPN 8, Zaenal Muhibin SPd, mengaku senang dengan adanya kunjungan dari mahasiswa Jepang. Menurut Zaenal kunjungan tersebut akan menambah wawasan dan ilmu bagi siswanya terutama menganai kebudayaan dan cara berkehidupan di negara lain. “Kami berharap siswa bisa memanfaatkan momen ini untuk menggali lebih banyak pengalaman dari mereka,” pesannya. Dirinya juga ingin agar dengan adanya kegiatan tersebut juga dapat membuka cakrawala serta wawasan siswa sehingga mengetahui kebiasaan di negaralain. “Tentu saja pelajaran itu jangan hanya didengarkan namun dapat dijadikan motivasi dan cerminan tersendiri bagi siswa,” pungkasnya. (ap16)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 26-02-2013)

 

Tidak ada komentar: