Senin, 25 Maret 2013

DMI Kota Pekalongan bersepakat mendirikan koperasi

Dewan Masjid Dirikan Koperasi 
KOTA – Untuk memberdayakan pengurus dan jama'ah masjid dalam bidang perekonomian. Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pekalongan bersepakat mendirikan koperasi simpan pinjam. Pendirian koperasi dicapai dalam pertemuan di ruang Amarta, (22/3) siang. 

Dalam pertemuan tersebut, sekaligus disusun pengurus dan juga AD/ART koperasi. Terpilih sebagai Ketua Koperasi Ir Rofiqur Rusdi, sekretarisnya M. Arif Wahyudi MAg, bendahara Hj Risnawati SE MM, Ketua PD DMI Kota Pekalongan yang juga sebagai Ketua Pengawas Koperasi, H Slamet Irfan SH mengatakan, dengan terbentuknya koperasi tersebut maka akan membantu terwujudnya masjid sebagai pusat ekonomi rakyat. “Tujuan kami untuk memberdayakan masjid agar mempunyai banyak fungsi, bisa terwujud dengan telah terbentuknya koperasi ini,” tutur Slamet.

Mengenai anggota koperasi telah disetujui seluruh pengurus DMI dan pengurus takmir masjid se-Kota Pekalongan akan tergabung sebagai anggota. Menurutnya, sementara pada awal pendirian koperasi memang terlebih dulu diisi oleh pengurus DMI atau takmir, namun ke depan diharapkan dapat berkembang dan diikuti oleh masyarakat Pekalongan. 

“Tadi juga telah kami sepakati untuk besaran setor modal pokok sebesar Rp 100 ribu, dan setoran modal kerja sebesar lim kali lipat dari setoran modal pokok yaitu sebesar Rp 500 ribu. Sehingga, untuk menjadi anggota koperasi per orang memberikan setoran awal sebesar Rp 600 ribu,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Koperasi, Ir Rofiqur Rusdi menjelaskan, untuk awal berdirinya koperasi yang akan menjadi fokus pengurus adalah memastikan legalitas koperasi. Setelah itu, barulah beberapa program kerja akan disusun secara bertahap. “Intinya, didirikannya koperasi ini memang bertujuan untuk memberdayakan pengurus dan juga jamaah masjid. Selain itu, kami juga ingin memfungsikan masjid ini bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, namun juga sebagai pusat kegiatan lain yang bermanfaat bagi umat, termasuk kegiatan ekonomi melalui koperasi ini,” jelas Rusdi. 

Dirinya berharap, koperasi simpan pinjam DMI ini dapat bertumbuh besar kedepannya, sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat dan terutama para jama'ah masjid. “Saat ini seluruh pengurus DMI, dan takmir masjid sudah siap menjadi anggota. Namun, kami juga akan mengajak serta masyarakat lain agar keberadaan koperasi benar – benar dirasakan manfaatnya,” pungkasny Rusdi. (ap16)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 23-03-2013)

 

Tidak ada komentar: