Selasa, 26 Maret 2013

Sekolah unggulan dalam berbagai Ilmu

MAN Insan Cindekia

PERKEMBANGAN dunia pendidikan tidak hanya di kalangan sekolah umum, tetapi juga pendidikan berbasis agama islam. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cindekia misalnya, proyek nasional Kementerian Agama untuk memfasilitasi siswa berprestasi dari berbagai daerah dalam memperoleh pendidikan agama secara memadai. Proyek yang baru didirikan di beberapa daerah itu, sekarang di kembangkan sampai di Kota Pekalongan. Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, DR H Suratno Mpd, keberhasilan pengelolaan pendidikan yang dilakukan, menjadikan proyek tersebut turun di Kota Pekalongan.

 photo:ilustrasi

Sekolah di lingkungan Kementerian Agama unggul dibanding sekolah umum karena mengadopsi seluruh program pendidikan nasional ditambahkan dengan pembelajaran agama yang porsinya sama, sehingga selain siswa menguasai materi pelajaran umum juga pengetahuan agama bagus. “Ini merupakan keunggulan dari sekolah di klingkungan Kementerian Agama, karena itu sekarang sekolah – sekolah banyak kebanjiran pendaftaran dan sekarang ditetapkan sistem selsksi untuk bisa menampung siswa,” katanya.

Secara Nasional
Demikian juga MAN Insan Cindekia, merupakan sekolah unggulan berbasis agama islam yang seleksi penerimaan siswa baru dilaksanakan secara nasional. Dengan begitu hanya siswa dengan kemampuan intelekstualitas tinggi yang bisa diterima disekolah tersebut, baik kemampuan pelajaran umum maupun agama. Juga memiliki prestasi khusus, lantaran siswa akan dibina menjadi insan cindekia.

Tidak hanya berprestasi dalam bidang pendidikan umum saja, melainkan berprestasi di bidang agama, termasuk prestasi – prestasi minat bakatnya masing – masing. Ini yang membedakan MAN Insan Cindekia dengan sekolah – sekolah lain,” tandas Suratno. Disebutkan, karena siswa berasal dari berbagai daerah dalam seleksi, maka siswa juga akan diberikan fasilitas asrama. Fasilitas itu sekaligus untuk memantau secara langsung perkembangan prestasi siswa setiap hari. (Nur Khaeruddin-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 25-03-2013)

Tidak ada komentar: