Senin, 25 Maret 2013

TPE Filariasis disiapkan Dinkes Kota Pekalongan

Penerima Obat Pencegah Filariasis 
PEKALONGAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan akan segera mendata warga yang menjadi target pemberian obat massal pencegahan (POMP) filariasis atau kaki gajah. Pendataan warga akan dilakukan oleh Tenaga Pelaksana Eliminasi (TPE) filariasis yang telah disiapkan Dinkes Kota Pekalongan. menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes, Tuti Widiyati, para petugas TPE terlebih dahulu akan dilatih sebelum melakukan pendataan warga yang menjadi target program POMP filariasis tersebut.

Kami akan memberikan pelatihan teknis bagi petugas TPE setelah itu, petugas TPE akan melakukan pendataan warga yang menjadi target program pemberian obat massal pencegahan filariasis,” terang dia. Pemberian obat massal pencegahan filariasis tahun ini merupakan tahap ketiga yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan untuk memutus rantai penyebaran penyakit tersebut. Rencananya, pencanangan pemberian obat massal pencegahan filariasis akan dipusatkan di kelurahan Pasirsari, Kecamatan Pekalongan Barat pada 12 Juni mendatang.

Seluruh Penduduk
Tuti menejelaskan, sasaran POMP filariasis adalah seluruh penduduk Kota Pekalongan, kecuali apabila ada kondisi kesehatan yang memerlukan penundaaan. Penduduk yang ditunda pemberian obat pencegahan filariasis tersebut, lanjut dia, antara lain anak yang berusia kurang dari dua tahun, ibu hamil dan ibu menyusui, penderita penyakit kronis, anak dengan gizi butuk serta penduduk usia lanjut.

Sementara itu, obat yang akan diberikan kepada masyarakat dalam program POMP filariasis, saat ini sudah siap. “Obat sudah ada di instalasi farmasi Kota Pekalongan, tinggal dikemas,” jelas Tuti. Nantinya, obat pencegah filariasis itu akan dikemas ke dalam tiga paket. Yakni paket obat untuk usia 2-5 tahun, 6-14 tahun dan lebih dari 14 tahun. Satu paket obat terdiri atas DEC (diethylcarbamazine), albendazole dan paracetamol. Namun, dosisnya berbeda – beda tergantung usia. (K30-69)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 22-03-2013)

 

Tidak ada komentar: