Kamis, 21 Maret 2013

Flashing,Tarffic Light Perempatan Jalan Dr Sutomo-Ahmad Yani

Setahun, Traffic Light Masih Flashing 

FLASHING - Hingga saat ini, Traffic Light yang berada di perempatan Jalan Dr Sutomo-Ahmad Yani masih dalam kondisi Flashing dan belum difungsikan sebagaimana mestinya.

NOYONTAAN - Pemasangan Traffic Light di Perempatan Jalan Dr Sutomo-Ahmad Yani, telah berlangsung hampir setahun, namun hingga saat ini masih dalam posisi flashing. Biasanya, flashing digunakan untuk masa pengenalan Traffic Light baru kepada masyarakat, dan dilakukan hanya dalam jangka waktu dua minggu hingga sebulan. 

Dipilihnya pemasangan Traffic Light di perempatan tersebut karena berada di jalur Pantura dan termasuk daerah yang memiliki arus lalu lintas yang cukup padat. 


 ilustrasi
Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan (Dishubparbud) Kota Pekalongan, Drs R Doyo Budi Wibowo MM mengatakan flashing masih dilakukan karena hingga saat ini, keberadaan Traffic Light tersebut masih belum terhubung dengan Traffic Light lainnya yang berada di Grogolan dan Posis. 

Jarak antara ketiga Traffic Light tersebut satu sama lain sangat berdekatan dan apabila tidak terhubung, ditakutkan justru akan menimbulkan antrian sepanjang Jalan Dr Sutomo hingga Jenderal Sudirman dan jalan-jalan disekitarnya. "Alasan Traffic Light perempatan Jalan Dr Sutomo-Ahmad Yani masih di flashing, karena jarak dengan Traffic Light Grogolan dan Posis terlalu dekat. Sehingga apabila ketiganya tidak dihubungkan, justru ditakutkan akan mengakibatkan antrian panjang dan kemacetan," bebernya. 

Untuk penyambungan kabel agar ketiganya terhubung, Dishubparbud masih akan mengajukan anggaran dari pusat. Pemasangan Traffic Light tersebut juga sebenarnya berasal dari bantuan pusat yang diberikan sekitar awal tahun 2012. "Mungkin untuk tahap awal akan kami coba lakukan tes dulu pada jam-jam tertentu seperti pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB dan pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jam-jam tersebut merupakan jam sibuk atau padat yaitu saat orang-orang berangkat dan pulang kerja," jelasnya. (ap15)

 

Tidak ada komentar: