Sabtu, 30 Maret 2013

Keberhasilan petani kentang desa Gumelem

KESEJAHTERAN PETANI KENTANG, JADI INSPIRASI 

KAJEN - Kesejahteraaan petani kentang desa Gumelem Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan menjadi inspirasi bagi petani lain untuk menirunya. Tak terkecuali Para Pamong Tani dan Gapoktan Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. ”Keberhasilan petani kentang  dalam meningkatkan taraf hidup, menjadi inspirasi pihaknya untuk menimba ilmu agar bisa diterapkan wilayahnya ” ungkap Yuhanto, SIP camat Lebakbarang ketua rombongan anjangsana petani Lebakbarang ke petani kentang Petungkriyono baru baru ini.

Kegiatan tersebut adalah sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas pertanian di wilayah Kecamatan Lebakbarang, karena diwilayah tersebut memiliki kemiripan topografi dan cuaca dengan daerah petungkriyono.Menurutnya diharapkan kedepan petani dapat mengembangkan tanaman hortikultura yang selama hanya tanaman jagung dan singkong saja , akan tetapi ke depan bisa beralih menjadi petani kentang atau jenis sayuran lain yang nilai jualnya lebih tinggi.”  tutur Camat Lebakbarang Bp. Yuhanto, S.IP,M.Si



Sementara itu Kepala Desa Gumelem Kecamatan Petungkriyin Santoso dalam paparannya di sampaikan bahwa ”keberhasilan Petani desa Gumelem awalnya juga belajar dari desa tetangga, kemudian para petani mulai mencoba tanam kentang dan sayuran. Dengan ke-uletan dan kedisiplinan para petani telah berhasil hingga sekarang. kondisi ekonomi masyarakat pada saat inu sejahtera. Hal ini terbukti masyarakat Gumelem dengan jumlah 174 KK mampu membangun masjid senilai hampir 3 milyar rupiah hasil iuran dari para petani. ” Dan yang paling  mengesankan di daerah kami tidak ada yang urban ke Jakarta karena menjadi petani lebih menjanjikan ” imbuhnya.

Selanjut  sebagai tindak lanjut anjangsana tersebut  Subandi selaku pamong tani desa Pamutuh berharap adanya perhatian dari pihak Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten untuk mengalokasikan bantuan Demplot Hortikultura guna percontohan dan praktek para Gapoktan dengan harapan akan ditiru dan diikuti oleh petani yang lain. ” Kami sangat tertarik untuk meniru para petani  Petungkriyono untuk meningkatkan taraf kesejahteraan kami, untuk itu kami mohon dukungan dari Pemkab untuk mewujudkannya ”ungkapnya” (Hamin)
Editor : nd
Sumber : Bag. Humas Setda Kab. Pekalongan

 

Tidak ada komentar: