Sabtu, 23 Maret 2013

Skema permainan skuat merah-putih

Ini Skema yang Dipakai Timnas Indonesia Versus Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih timnas Jacksen F. Tiago memberi gambaran terkait skema permainan yang bakal diusung tim Merah Putih di laga kontra Arab Saudi pada kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3 sore nanti.

"Ada dua skema permainan yang kami siapkan. Kami akan menerapkan formasi 4-2-3-1 atau 4-4-2. Tapi, buat komposisi pemainnya, kami masih menununggu kondisi terakhir mereka hingga dua jam sebelum pertandingan," kata Jacksen dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Jumat (23/3) sore.

Dalam beberapa kali latihan, baik di Lapangan C, di Lapangan Stadion Gelora Bung Karno, maupun di Lapangan Sutasoma 77 Halim Perdana Kusuma, timnas memang sering menggunakan formasi tersebut. Dalam format 4-2-3-1, tampaknya timnas akan mengandalkan pemain naturalisasi Sergio van Dijk sebagai striker tunggal pada laga nanti ditopang Boaz Solossa, Greg Nwokolo, dan Muhammad Ridwan.

Saudi bukan lawan baru buat Indonesia. Sudah 11 kali Indonesia bentrok dengan Arab. Tak sekali pun Indonesia menang. Hasil terbaik tim Merah Putih hanyalah imbang selama tiga kali. 



"Kami tahu dan sadar kalau di atas kertas Timnas Indonesia kalah segalanya dari Arab. Tapi, kami tidak boleh putus asa. Pemain harus jaga konsentrasi ke laga itu. Bermainlah sebaik mungkin. Soal hasil, itu adalah tanggung jawab pelatih," kata pelatih utama Rahmad Darmawan seperti dilansir situs Indonesia Super League (ISL).

Tidak ada komentar: