Sabtu, 16 Maret 2013

TP-PKK Lebakbarang Juara 1

Kecamatan Lebakbarang Juara I Lomba Cipta Menu 

Kajen - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Lebakbarang berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal Tingkat Kabupaten Pekalongan, menyisihkan 21 peserta lainnya. Acara digelar di Aula Lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (14/3/2013).

TP. PKK Kecamatan Lebakbarang unggul dengan nilai 651 setelah dinilai oleh Dewan Juri Abdul Jafar dan Sujak dari Asosiasi Chief Indonesia serta Dwi Sutanto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. Dengan kemenangan ini, TP. PKK Kec. Lebakbarang berhak mendapatkan piagam, tropi dan uang pembinaan sebesar 1 juta 500 ribu rupiah.

Sedangkan Juara kedua diraih oleh Kecamatan Wonopringgo dengan hadiah 1 juta 250 ribu rupiah, Juara III Kec. Petungkriono mendapatkan uang pembinaan sebesar 1 juta rupiah. Juara harapan 1 Dharmawanita, Juara Harapan II Kec. Wiradesa dan Juara Harapan III dari Bhayangkari. Masing-masing juara harapan mendapatkan uang pembinaan sebesar 350 ribu rupiah.



Menurut Bupati Pekalongan Drs. H. A.Antono, MSi kegiatan ini merupakan salah satu alternative dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mengembangkan selera, juga untuk meningkatkan dan memunculkan kreatifitas masyarakat. “Terimakasih pada Badan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Tengah atas dukungannya, Saya harap kegiatan ini akan mampu menjadi motivasi bagi ibu-ibu di kecamatan untuk mengembangkan potensi di wilayah masing-masing,” harap Antono.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua III TP. PKK Kabupaten Pekalongan, Ibu Hj. Alfiah Susiyanto dalam laporannya menyampaikan bahwa Lomba Cipta Menu ini diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari 19 tim dari TP.PKK Kecamatan dan 2 Tim dari organisasi wanita di Kabupaten Pekalongan.

“Tujuannya antara lain untuk memasyarakatkan dan membiasakan seluruh anggota keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman yang berbahan dasar non beras-non terigu dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar kita,” jelasnya.

Penilaian Lomba Cipta Menu ini sendiri didasarkan pada beberapa kriteria penilaian yang meliputi penampilan dan penyajian, kreatifitas, cita rasa, daftar resep, jenis/berat dan harga bahan baku serta nilai gizi yang digunakan untuk pembuatan makanan yang dilombakan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid Konsumsi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah, Staf Ahli dan Asisten Sekda, Para Kepala SKPD, Ketua TP PKK Kab.Pekalongan beserta para pengurus, Dewan Juri dan para peserta dari 19 kecamatan dan 2 tim dari organisasi wanita di Kabupaten Pekalongan. (451h & Didik).

Sumber : Bag.Humas Setda
Editor : AR Kominfo 

 

Tidak ada komentar: