Sabtu, 23 Maret 2013

Jelang Kualifikasi piala Asia, preview Indonesia - Arab Saudi

PREVIEW Kualifikasi Piala Asia 2015: Indonesia - Arab Saudi

Berbagai kendala dihadapi Indonesia menjelang laga kedua mereka di kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi akhir pekan ini.
PRAKIRAAN LINE-UP

INDONESIA
  Indonesia
MeigaSupardi, Igbonefo, M Robi, Tony
Manu Wanggai, Bustomi
Bachdim, Greg, Boaz
Van Dijk
ARAB SAUDI
Arab Saudi
Waleed
Al Bishi, Hawsawi, Al Zori, Al Harbi
Al Dossari, Khariri, Al Jassim, Al Shehri
Hazazi, Al Salem


Tim nasional Indonesia mencanangkan ambisi meraih kemenangan pertama dari Arab Saudi dalam pertandingan kedua Grup C kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (23/3) malam WIB.

Duet pelatih Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago terus menggembleng para pemain dengan waktu yang cukup singkat. Kedua pelatih ini ditunjuk menangani timnas senior satu pekan sebelum laga dimulai.

Itu menjadi salah satu rintangan yang mewarnai perjalanan timnas senior menjelang duel melawan Arab Saudi. Selain kontroversi pelatih, isu tak sedap, termasuk rumor pencoretan lima pemain, juga ikut memberi warna.

Kendati demikian, baik RD, sapaan Rahmad, mau pun Jacksen menyampaikan rasa optimis bisa mendapatkan hasil bagus di laga nanti. RD dan Jacksen sedikit banyak mempunyai gambaran mengenai lawan yang akan dihadapi.

Jajaran pelatih memperkirakan Arab Saudi bakal memaksimalkan permainan cepat, dan serangan dari sayap. Akurasi umpan para gelandang The Green Falcons juga patut diwaspadi.

“Kami tidak akan membiarkan mereka mendapat ruang di sektor tengah. Kami harus bisa melihat situasi di pertandingan, dan memotong aliran bola dengan cepat. Mereka punya winger yang cepat,” ujar RD.

“Walau Arab Saudi memiliki materi pemain bagus, dan diunggulkan di pertandingan nanti, tidak berarti kami akan bermain bertahan.”

Di lain pihak, kubu Arab Saudi memiliki kepercayaan diri setelah terjadi pergantian tongkat pelatih dari Frank Rijkaard ke Juan Ramon Lopez Caro. Di bawah asuhan pelatih asal Spanyol itu, Arab Saudi mengalahkan Cina 2-1 di laga pembuka Grup C, dan menggilas Malaysia 4-1 di pertandingan uji coba.

Selama menjalani pelatnas di Kuala Lumpur, Lopez Caro telah mengasah anak asuhnya dengan permainan menyerang, mengingat mereka ingin membuka peluang lebih lebar berlaga di putaran final di Australia.

“Gol pertama [melawan Malaysia] membuat kami menguasai permainan. Saya berharap para pemain bisa melanjutkan momentum [kemenangan] ketika menghadapi laga krusial melawan Indonesia,” ujar Caro dikutip The Malaysian Times.
TAHUKAH ANDA?
  • Indonesia belum pernah memetik kemenangan dari Arab Saudi dari 11 pertemuan mereka, termasuk kekalahan 2-1 di Piala Asia 2007.
  • Ponaryo Astaman menjadi pemain di tim sekarang yang memiliki pengalaman di Piala Asia. Ponaryo mencetak gol ketika mengalahkan Qatar 2-1 di Piala Asia 2004.
  • M Ridwan, Ricardo Salampessy, Firman Utina, dan Supardi akan menghadapi Arab Saudi untuk kedua kalinya di Jakarta bila diturunkan di laga nanti.
  • Menangani Arab Saudi menjadi karir pertama bagi Juan Ramon Lopez Caro melatih sebuah tim nasional di level senior.
  • Osama Hawsawi dan Saud Khariri menjadi pemain yang ada di skuat Arab Saudi saat ini yang pernah tampil di Piala Asia 2007 di Jakarta.
  • Arab Saudi harus puas menjadi runner-up di Piala Asia 2007 setelah dikalahkan Irak 1-0 dalam laga final di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.
OLEH   DONNY AFRONI
sumber 


Tidak ada komentar: