Senin, 17 Juni 2013

Lomba masak berbahan dasar udang

TP. PKK KECAMATAN BUARAN JUARAI LOMBA MASAK BERBAHAN DASAR UDANG 

KAJEN- Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kab. Pekalongan bekerjasama dengan TP PKK Kab. Pekalongan hari ini, Senin (10/6) menyelenggarakan Lomba masak berbahan dasar udang. Kegiatan ini digelar di Aula lantai 1 Setda dengan diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari 19 PKK Kecamatan se-Kab. Pekalongan dan 5 organisasi wanita di Kab. Pekalongan.

Setelah melalui proses penilaian, akhirnya ketiga juri yaitu Chef dari Hotel Dafam Pekalongan, SMK Boga Kota Pekalongan serta Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, memutuskan pemenang lomba adalah TP. PKK Kec. Buaran (Juara I), TP. PKK Kec. Wiradesa (Juara II), Bhayangkari Cabang Pekalongan (Juara III), serta juara harapan diraih secara berturut-turut TP.PKK Tirto, TP.PKK Kandangserang, serta DWP Kab. Pekalongan. Keenam pemenang berhak atas piala, piagam, serta uang pembinaan dari panitia.

Ketua TP. PKK Kab. Pekalongan yang diwakili oleh Ibu Alfiyah Susiyanto dalam laporannya menyatakan bahwa latar belakang diadakannya lomba ini antara lain untuk meningkatkan dan meratakan konsumsi hewani khususnya ikan, dan diharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta keanekaragaman menu berbahan baku ikan, meningkatkan budaya makan ikan, serta tersosialisasinya menu masakan berbahan baku ikan. ”Nantinya pemenang dari lomba ini akan mewakili Kab. Pekalongan pada lomba serupa di tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Soropadan Agro Expo, Kab. Temanggung 17 Juni 2013 mendatang,” terangnya.

Bupati Pekalongan, Drs. H.A. Antono, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah mengungkapkan agar melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi terutama kepada para ibu agar lebih kreatif dan dapat menerapkan gaya hidup lebih sehat dalam keluarga, karena ikan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki nilai gizi tinggi dan sangat berguna bagi kesehatan manusia. “ Udang sebagai bahan dasar yang digunakan dalam Lomba ini mengandung asam amino, lisin serta omega 3 dan omega  6 yang diyakini dapat meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati menerangkan bahwa, konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Pekalongan hingga 2012 relatif masih rendah (16,21 Kg/Kapita/Tahun), masih jauh dibawah angka nasional dimana pada 2011 saja telah mencapai angka 31,64 Kg/Kapita/Tahun. Oleh karena itu Bupati mengajak para ibu untuk memasyarakatkan gemar makan ikan . Mengapa para ibu, menurut Bupati karena ibu memiliki peran yang sangat dominan dalam memilih dan mengolah jenis makanan yang akan disajikan dalam keluarga agar tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. (dian’s/her)

Sumber : Bag. Humas Setda Kab. Pekalongan
Editor    : Nd. Kominfo

 

Tidak ada komentar: