post

Cari info disini

Memuat...
News Update :
Home » » PPDB online Kota Pekalongan

PPDB online Kota Pekalongan

Penulis : mas baim on Selasa, 02 Juli 2013 | 01.26

Penerimaan Peserta Didik Baru
PEKALONGAN – Sejumlah sekolah negeri pada pendidikan SMP, SMA dan SMK tampaknya kurang diminati calon siswa. Hingga hari ketiga penerimaan peserta didik baru (PPDB), kemarin, jumlah pendaftar di sejumlah sekolah negeri belum memenuhi kuota atau daya tampung siswa. Pendaftaran siswa secara online akan berakhir pada sabtu (29/6) ini.

Berdasarkan jurnal PPDB online Kota Pekalongan, http://ppdb.kemendikbud.go.id/pekalongan, pukul 12.00.47, kemarin, sejumlah sekolah yang belum terpenuhi kuotanya antara lain SMA Negeri 2 Pekalongan. Dari kuota sebanyak 256 siswa, jumlah pendaftar SMA N 2 Pekalongan baru 133 siswa, sehingga masih kekurangan 123 siswa. Sementara ketiga SMA negeri lainnya, SMA Negeri 1,3, dan 4 kuotanya sudah terpenuhi. Bahkan jumlah pendaftar melebihi kuota.

Kondisi serupa juga terjadi di SMK Negeri 4 Pekalongan. Dari kuota SMK Negeri 4 sebanyak 120 siswa, jumlah pendaftar baru 40 siswa. Jumlah pendaftar di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 juga belum memenuhi kuota. Namun, kekurangannya tidak terlalu signifikan.

Dari kuota SMK Negeri 1 sebanyak 288 siswa, jumlah pendaftar tercatat 282 siswa. Sedangkan jumlah pendaftar di SMK Negeri 3 sebanyak 316 dari kuota 384 siswa. 

Sementara itu, pada jenjang pendidikan SMP, dari 17 SMP negeri, sembilan diantaranya belum memenuhi kuota. Antara lain SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 10.hingga kemarin siang, jumlah pendaftar di smp negeri 4 tercatat 104 siswa dari kuota sebanyak 216 siswa. Sedangkan pendaftar di SMP Negeri 10 baru 82 siswa dari kuota 180 siswa.

Sedangkan di tujuh sekolah lain yang belum terpenuhi kuotanya, kekurangannya tidak begitu signifikan. SMP Negeri 16 misalnya, dari kuota yang disediakan sebanyak 180 siswa, jumlah pendaftar tercatat 136 siswa. Begitu juga di SMP Negeri 12. jumlah pendaftar tercatat 152 dari kuota 180 siswa.

Optimis terpenuhi
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Pekalongan, Agust Marhaendayana optimistis, kuota yang belum terpenuhi tersebut akan terpenuhi. Yakni dari pendaftar di sekolah-sekolah yang permintaannya tinggi.

Sejumlah sekolah yang kuotanya belum terpenuhi, kemungkinan masih bisa terpenuhi. Kekurangannya akan terisi pendaftar dari sekolah-sekolah yang pendaftarnya melebihi kuota,”terangnya, kemarin.

Dijelaskan dia, dalam penerimaan peserta didik baru, calon siswa diberi kesempatan untuk memilih empat sekolah, pilihan 1 hingga pilihan 4. pendaftar yang tidak masuk pada pilihan pertama, akan bergulir pada pilihan kedua, hingga pilihan terakhir.

Sementara itu, sejumlah sekolah yang peminatnya tinggi antara lain SMK Negeri 2 Pekalongan. Bahkan, jumlah pendaftar melebihi kuota yang disediakan. Dari kuota 352 siswa, jumlah pendaftar mencapai 499 siswa.

Pada jenjang pendidikan SMP, yang sudah terpenuhi kuotnya antara lain SMP Negeri 6, SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Pekalongan. Jumlah pendaftar SMP N 6 mencapai 446 siswa dari kuota hanya 252 siswa. Sementara itu jumlah pendaftar SMP Negeri 1 tercatat 272 dari kuota 215 siswa. Dan jumlah pendaftar SMP N 3 sebanyak 260 siswa sementara kuotanya hanya 144 siswa.
(smnetwork/k30-06)

(SUMBER : HARIAN PEKALONGAN, 29-06-2013)

Share this article :
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger