Jumat, 08 Maret 2013

240 Jam Pelatihan Kerja Di BLK Kab.Pekalongan

BLK Gelar Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi 

KAJEN – Kompetensi pelatihan kerja yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pekalongan dan BLK di seluruh Indonesia sudah sesuai dengan yang ada di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia yaitu dengan 240 jam pelatihan.

Demikian disampaikan Kepala UPT Balai Latihan Kerja Dinsosnakertrans Kabupaten Pekalongan, Ikhlas Ananda, SH., M.Si, di ruang kerjanya, Rabu (06/03/2013).

Ikhlas menuturkan bahwa Pemkab Pekalongan memberikan bekal atau ilmu dasar bagi peserta pelatihan kerja. Namun demikian dalam pengembangannya diserahkan kepada masing-masing peserta pelatihan kerja di lingkungan kerjanya nanti. “Sebagai contoh untuk jurusan menjahit, kami memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan kerja menggunakan berbagai merek dengan banyak model yang ada di mesin jahit,” tuturnya.

“Sehingga bagi peserta yang nantinya terjun ke tempat kerja baik garmen maupun konveksi atau bahkan di home industry dengan menggunakan mesin jahit yang berbeda-beda, mereka sudah mampu mengoperasikannya,” imbuh Ikhlas.

Untuk peserta pelatihan, kata Ikhlas, diadakan seleksi yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan/skill yang dimiliki. Misalnya untuk pelatihan perbengkelan, mereka ada yang sudah kenal peralatan-peralatan seperti kunci atau obeng, bahkan ada yang sama sekali belum tahu. Sehingga mereka nanti akan ditempatkan di kelas yang berbeda. “Kami tidak ingin mencetak SDM tenaga kerja yang asal-asalan. Namun kita akan mencetak yang berkualitas baik  dari sisi ketrampilan, sikap, mental maupun motivasi,” katanya.



Pelatihan kerja berbasis kompetensi tahun 2013 diselenggarakan dalam 6 gelombang dengan masing-masing kejuruan, yang setiap gelombangnya berjalan selama 1 bulan (240 jam pelatihan). Sedangkan jumlah peserta sebanyak 384 orang, terdiri dari gelombang I 72 peserta, gelombang II (72), gelombang III sampai dengan gelombang V masing-masing diikuti oleh 64 orang dan gelombang VI diikuti oleh 48 peserta.

Ke-6 gelombang/juruan tersebut yaitu (1) gelombang I kejuruan las, otomotif sepeda motor, penjahitan dan teknisi HP (4 Maret – 9 April 2013); (2) gelombang II meliputi kejuruan otomotif mobil, operator komputer, pertukangan dan pertanian (15 Maret – 17 April 2013); (3) gelombang III kejuruan operator computer, otomotif mobil, menjahit, tata rias (April – Mei 2013); (4) gelombang IV kejuruan teknisi HP, operator computer, menjahit, pertanian dan las (Mei – Juni 2013); (5) gelombang V kejuruan otomotif sepeda motor, otomotif mobil, tata rias dan las (Agustus – September 2013); dan (6) gelombang VI kejuruan teknisi HP, menjahit I dan menjahit II (Oktober – Nopember 2013).   

Sedangkan sistem pelatihan yang digunakan meliputi teori dan praktek. Untuk materi teori yang diberikan meliputi 30 persen dari jumlah jam pelatihan/pelajaran. Sedangkan untuk praktek dilaksanakan setelah pemberian materi teori pada tiap-tiap sub bagian.

Bagi peserta yang dapat menyelesaikan kegiatan sampai dengan selesai dan lulus evaluasi akan mendapatkan sertifikat pelatihan. “Sertifikat yang kami keluarkan sudah diakui kompetensinya dan dapat digunakan untuk mencari kerja di perusahaan-perusahaan,” terang Ikhlas Ananda.

Sementara itu, Kepala Dinsosnakerrans, Hari Suminto, SH. MH saat membuka pelatihan kerja gelombang I, Senin (4/03/2013) menyampaikan agar para instruktur memperbanyak jam prakteknya daripada teorinya, atau dengan system teori-praktek, teori-praktek, begitu seterusnya. Sedangkan kepada para peserta diminta untuk mengikuti pelatihan secara full 1 bulan, selalu menjaga kesehatan dan jangan segan-segan untuk bertanya sebanyak mungkin kepada para instruktur.

“Saya berharap, setelah selesai mengikuti pelatihan para peserta memiliki ketrampilan sehingga dapat membuka usaha atau melamar kerja sesuai dengan ilmu yang diperoleh dari bekal ilmu dan sertifikat dari BLK,” harap Hari Suminto. (di2k)

Sumber : Bag.Humas Setda
Editor : AR Kominfo
sumber

 

1 komentar:

Info Training TMC Bandung mengatakan...

nice
www.titianmc.co.id
infoahlik3.wordpress.com