Jumat, 01 Maret 2013

Kredit Mudah Untuk Pedagang

Disperindag Fasilitasi Permodalan UMKM 

PEKALONGAN – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop UMKM) Kota Pekalongan mempertemukan para pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), dan pelaku UMKM dengan sejumlah lembaga keuangan dalam Pekalongan Microfinance Expo di Plaza Pekalongan. Pekalongan Microfinance Expo diselenggarakan selama dua hari, (27/2) dan (28/2). Kepala Disperindagkop dan UMKM Kota Pekalongan, Supriyono menjelaskan, pameran tersebut diselenggarakan untuk menfasilitasi akses permodalan bagi para pedagang dan pelaku UMKM ke bank maupun lembaga keuangan mikro.

Melalui kegiatan ini, kami memfasilitasi akses pelaku UMKM dan pedagang pasar serta pedagang kaki lima untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank guna mengembangkan usahanya,” terangnya. Kegiatan yang mengupayakan pencairan dana ke sektor UMKM tersebut melibatkan empat bank dan enam lembaga keuangan mikro, antara lain BRI, BNI, Bank Jateng, Bank Jabar, Kospin Jasa dan Kopena.

Cara Pengajuan Kredit

Selain itu, Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Pekalongan juga membuka stan dalam pameran tersebut untuk memberikan informasi terkait perizinan. Pekalongan Microfinance dibuka Wakil Walikota A Alf Arslan Djunaid di Plaza Pekalongan, (27/2). Dalam sambutannya, ia meminta kepada para pedagang dan pelaku UMKM memanfaatkan pameran tersebut untuk memperoleh informasi tentang skim – skim kredit bagi pedagang dan pelaku UMKM.

Tanyakan skim – skim kredit yang bisa diluncurkan bank dan lembaga keuangan mikro tersebut, serta bagaimana tata cara mengajukan kredit,” jelasnya. Ia berharap, dengan diselenggarakannya pameran tersebut, pedagang pasar, pedagang kaki lima dan pelaku UMKM yang selama ini kesulitan mengakses permodalan dari bank, bisa mengakses pinjaman modal dari lembaga keuangan yang berpartisipasi dalam pameran tersebut. “Dengan adanya pinjaman modal dari lembaga keuangan, harapan kami usaha mereka bisa lebih berkembang,” ujarnya. (K30-74)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 28-02-2013)

 

Tidak ada komentar: