Rabu, 13 Maret 2013

Jamuan Nasi Megono Setalah Sholat Jum'atan

Usai Jumatan Jamaah Dijamu Makan Siang 

PEKALONGAN, Info Publik - Masjid Al Amin yang berada di lingkungan Sekretariat Pemerintah Kota Pekalongan kini melakukan inovasi baru. Yakni setiap usai sholat Jumatan para jamaah di jamu makan siang dengan nasi megono lengkap dengan lauk serta kudapan kacang dan pisang godog. Tak pelak jika hal ini membuat para jamaah merasa senang, pasalnya mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk santap siang. 

Hal ini disambut warga yang kebetulan sedang melakukan kegiatan di sekitar Kompleks Pemkot Pekalongan. Seperti yang disampaikan oleh Nur fadila, Warga Krpayak Kidul, pekalongan Utara. Menjelang saat Sholat Jumat (8/3) dirinya sedang kebingungan mencari mesjid di sekitar lapangan mataram. “Saya diberi tahu warga katanya Masjid di dalam pemkot menggelar Sholat Jumat, langsung saja saya kesini, eh malah ada makan siang gratisnya,” katanya. Remaja yang datang bersama 3 orang temanya ini mengaku surprise dengan apa yang dilakukan takmir masjid. “kesanya rahat mas,” tambahnya.



Salah seorang Takmir Masjid Al Amin Arifin, SH didamping Drs Zaenul Hakim MM, Jumat (8/3). membenarkan, jika langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada para jamaah sekaligus menumbuhkan semangat bersedekah, mengingat santap siang yang jumlahnya mencapai sekitar 200 paket itu anggarannya bukan dari Pemkot, melainkan dari para jamaah masjid, “ hari Jumat ini sebagai langkah awal, ternyata respon jamaah cukup baik, “ ujarnya.

Upaya yang dilakukan Takmir masjid Al Amin itupun mendapatkan apresiasi dari Sekda Kota Pekalongan Drs Arie dwi Putranto MSi secara spontan usai ikut Jumatan dan santap siang bersedia ikut sedekah paket nasi untuk Jumatan pekan depan. 

Menurut Arie hal ini patut untuk terus dilakukan. Apalagi sejak beberapa waktu terakhir jajaran pemkot pekalongan memberlakukan 5 hari kerja yang memiliki konsekwensi pada Hari Jumat harus pulang sekitar jam 15.00. “Ini sangat membantu bagi para teman – teman di pemkot pekalongan maupun warga yang sedang melakukan kegiatan di Kompleks pemkot Pekalongan,” ujarnya.

Sementara DR KH Imam Suradji MAg Dosen Universitas Pekalongan dan STAIN mengatakan, jika kegiatan yang dilakukan Takmir Msjid Al Amin ini patut di contoh karena sangat besar sekali manfaatnya, terlebih bagi jmaah yang benar-benar tidak mempunyai uang siang itu usai jumatan bisa menikmati santapan yang disediakan , “ ini baru pertamakali di Kota Pekalongan saya sangat salut, “ ujarnya. (diskominfo/007)

 

Tidak ada komentar: