Rabu, 05 Juni 2013

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Secara Online, SMP, SMA dan SMK Negeri

PPDB Online Sekarang Satu Jalur 

PENERIMAAN Peserta Didik Baru (PPDB) Online pada tahun ini akan segera dilaksanakan. Berbeda pada tahun sebelumnya yang memakai lima jalur, tahun ini hanya diperuntukkan bagi satu jalur yakni reguler dan berprestasi.

Hal ini dilakukan setelah evaluasi terhadap pelaksanaan PPDB Online pada tahun 2012. demikian disampaikan Kabid SMP, SMA dan SMK pada Dindikpora Kota Pekalongan, Drs Soeroso Mpd kepada Radar Pekalongan, Senin (3/6)

Sebelumnya pada tahun 2012, terdapat lima jalur PPDB Online, yakni jalur bakat dan prestasi, jalur kemitraan, jalur bina lingkungan keluarga miskin, dan jalur reguler dalam kota. Kelima jalur tersebut dianggap kurang efisien, sehingga pelaksanaannya dikembalikan melalui satu jalur. 

“Setelah memakai lima jalur pada tahun lalu, maka PPDB Online pada tahun ini dirubah hanya menjadi satu jalur saja,” bebernya.

Selain itu, kepersyaratanpun terbatas pada sekolah SMP dan SMA/MK negeri saja. Tidak lagi melibatkan sekolah-sekolah swasta. “Kami ingin berkomitmen agar semua sekolah negeri di Kota Pekalongan menggunakan sistem PPDB Online, dan tidak memakai jalur lain. 

Caranya masih mirip yakni seorang calon siswa datang dan mendaftar di sekolah tujuan dengan registrasi melalui komputer setempat dan maksimal boleh memilih hingga empat sekolah,”tambahnya. 

Bagi mereka yang memiliki prestasi baikakademik maupun non akademik hingga tingkatan Nasional maka dibebaskan untuk memilih sekolahnya dan akan langsung diterima dimanapun dia mendaftar. “Jadi, minimal dia mampu juara 1 pada tingkatan propinsi maka yang bersangkutan bisa memilih sekolah yang di inginkan dan langsung bisa diterima. Sedangkan pada jalur reguler, peserta akan dilihat berdasarkan nilai UN murni yang di dapatkannya,”imbuhnya. (yog)

(SUMBER : RADAR PEKALONGAN, 04-06-2013)

 

Tidak ada komentar: