Senin, 10 Juni 2013

Tim Laskar Kalong taklukkan Persitara

Persip Penuhi Ambisi Menang di Kandang Terakhir
*) Kalahkan Persitara 2-1

KRATON – Kesebelasan Persip Pekalongan berhasil memenuhi ambisinya untuk meraih kemenangan di laga kandang terakhir Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim ini. Menjamu tim Persitara Jakarta Utara di Stadion Kota Batik, Sabtu (8/6), tim yang berjuluk Laskar Kalong itu berhasil menaklukkan tamunya dengan skor tipis 2-1.

Kemenangan 2-1 atas Persitara, juga menjadi sebuah ‘revans’ atas kekalahan 1-3 yang didera Persip saat berlaga di kandang Persitara di Stadion Kamal Muara, Jakarta Utara, Februari lalu.

Dua gol Persip masing-masing dicetak oleh duo strikernya, Miko Ardiyanto di menit ke 13 dan Nur Coyo di menit 61. Sebelumnya, Laskar Si Pitung, julukan Persitara, unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri Riski Setiawan, salah satu pemain belakang Persip. Gol yang tercipta hanya berselang satu menit sejak pertandingan dimulai itu bermula dari kemelut yang terjadi di depan gawang Nurul Subkhi.

Pada laga yang disiarkan seacara live oleh sebuah stasiun tv swasta nasional itu, pertandingan berjalan menarik. Tertinggal satu gol, berulangkali para pemain Persip berusaha menekan lini pertahanan Persitara. Tetapi, berkali-kali bisa dimentahkan oleh Zainul Arifin dkk.

Tuan rumah akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-13. Striker Persip, Miko, yang baru sembuh dari cideranya, berhasil memanfaatkan umpan lambung Agung Prasetyo yang segera disambut dengan sundulan kepalanya. Penjaga gawang Persitara, Artek SB, tak mampu menangkap bola tersebut. Skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak ke dua, kedua tim kembali saling serang. Berkali-kali peluang yang didapatkan tuan rumah melalui Nur Coyo, Miko, Iwan Wahyudi, dan Agung Prasetyo tak mampu berbuah gol.

Hingga kemudian, serangan yang dilakukan para pemain Persip dari sayap kiri membuahkan hasil. Lagi-lagi, Agung Prasetyo memberikan umpan matang ke striker Persip menggunakan kaki kirinya di menit 61. Kali ini, umpan tersebut disambut dengan baik oleh Nur Coyo dengan sundulan kepala yang terarah ke gawang Persitara. Persip menggandakan keunggulan menjadi 2-1, dan tetap bertahan hingga wasit Chairudin asal Bantul membunyikan peluit panjang.

Kemenangan itu langsung disambut meriah oleh para suporter Persip. Ribuan Kalong Mania yang berada di tribun selatan langsung bersorak. Begitupun dengan kelompok suporter Persip lainnya, Sneper dan Brigata Batik City yang ada di tribun timur dan utara. Bahkan, sebagian dari mereka ‘berpesta’ dengan menyalakan kembang api menjelang pertandingan berakhir.

Usai pertandingan, Pelatih Persitara Eko Prasetyo mengaku kecewa dengan hasil yang diraih timnya. Ia melihat masih ada kelemahan di sektor gelandang. Tetapi, melihat perjuangan para pemainnya, Eko memberikan apresiasi. “Perjuangan anak-anak sudah luar biasa,” ujarnya.

Pelatih Persip, Sugeng Widodo, mengaku senang dengan bisa memenuhi target untuk menang di kandang. Tetapi dirinya mengaku masih belum puas, karena masih ada kelemahan di lini tengah.

Sugeng menuturkan, pada menit-menit awal, permainan anak-anak asuhnya belum sesuai harapan. “Pada menit-menit awal, permainan anak-anak kacau. Terjadinya gol bunuh diri tadi juga karena adanya mis komunikasi. Tetapi pada menit 30 ke atas, pola permainan sudah mulai membaik,” ujarnya.

Sugeng mengakui, keputusan memasang Nur Coyo untuk berduet dengan Miko di lini depan membawa hasil positif. Namun apakah susunan pemain seperti kemarin akan terus dipertahankan ke depannya, menurut Sugeng masih akan melihat perkembangan lagi.

Sugeng menambahkan, pihaknya akan segera mengevaluasi pasca laga lawan Persitara kemarin. Sehingga, pada laga berikutnya yakni bertandang melawan Persitema Temanggung, Selasa (11/6) besok, Persip kembali bisa meraih poin.

Kemenangan atas Persitara kemarin otomatis langsung mendongkrak peringkat Persip di Klasemen Sementara Grup 2. Kini, Laksar Kalong berada di peringkat 5 dengan torehan 15 poin. Persip berada di bawah PSCS, PSIS, Persikabo, dan Persiku. Usai lawan Persitara, Laskar Kalong masih menyisakan tiga laga lagi. Semuanya laga tandang. Yakni melawan Persitema (11/6), Persikad Depok (17/6), dan Persikabo Bogor (21/6). (way)

Tidak ada komentar: