Kamis, 07 Februari 2013

Olimpiade Ekonomi Tingkat Jawa Tengah

27 Tim Berkompetisi di Olimpiade Ekonomi 

PEKALONGAN – Sebanyak 27 tim dari 14 perguruan tinggi di Jawa Tengah 2013 di Universitas Pekalongan (Unikal), (6/2). Kegiatan itu diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Unikal. Ketua Panitia Olimpiade Ekonomi Tingkat Jawa Tengah Unikal, Elvera Febriliana menjelaskan, olimpiade ini mempertemukan mahasiswa – mahasiswa dari sembilan kota di Jawa Tengah. Yakni Kebumen, Semarang, Purwokerto, Tegal, Pemalang, Salatiga, Purworejo, Magelang dan Pekalongan.

Untuk menjadi pemenang, masing – masing tim yang terdiri dari tiga orang, harus melewati tiga babak, meliputi babak penyisihan, semi final dan final. Menurut Elvera, pada babak penyisihan, tim harus menyelesaikan 40 soal pilihan ganda dalam satu jam. Setelah itu, tim harus menyelesaikan 40 soal esai dalam waktu satu jam. “dari 27 tim tersebut, sepuluh tim dengan nilai tertinggi maju ke babak semi final,” terang dia, di sela-sela babak penyisihan.

Babak semi final terdiri dari dua tahap. Pada tahap pertama, lanjut dia, tim harus menjawab lima soal esai singkat yang harus dikerjakan dalam waktu dua menit. Setelah itu, tim harus menyelesaikan 12 esai singkat secara bergiliran antara anggota tim. Tiga dari sepuluh tim yang menempati peringkat tertinggi dalam perolehan nilai akan maju ke babak final. Babak final terdiri dari beberapa tahap, yakni lomba cerdas cermat, pertaruhan nilai dan yang terakhir kompetisi rancangan bisnis kreatif. 

Pada babak final, tiga tim memaparkan rancang bisnis kreatif yang kemungkinan bisa direalisasikan ketika lulus nanti. Rancangan bisnis tersebut harus inovatif, kreatif dan paling mudah direalisasikan,” sambungnya. Tim yang menang dalam Olimpiade Ekonomi Tingkat Jawa Tengah tahun 2013 berhak mendapatkan trofi dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta untuk juara pertama, Rp 750.000 untuk juara kedua dan Rp 500.000 untuk juara ketiga. Ia berharap, olimpiade ekonomi tersebut nantinya bisa diselenggarakan secara rutin setiap setahun sekali. Selain untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa ekonomi di Jawa Tengah, olimpiade diharapkan dapat mempererat hubungan antar mahasiswa ekonomi se Jawa Tengah. (K30-90)

(SUMBER : SUARA MERDEKA, 07-02-2013)

 

Tidak ada komentar: